Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka, SMK Al Karimiyyah Gandeng Tim Komite Pembelajar SMK Negeri 1 Kalianget

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Karimiyyah Braji Gapura Sumenep, menggelar kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan 5 hari berturut-turut sejak, Selasa 25 hingga 31 Mei 2022.

Kegiatan tersebut selain dalam rangka menyongsong tahun ajaran baru yaitu 2022/2023, juga sebagai respon positif terhadap kebijakan terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurut Fendi Susanto, Kepala Sekolah SMK Al Karimiyah menerangkan, bahwa upaya ini diambil sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 1 yang resmi diluncurkan pada 27 April lalu.

“Tentunya ini sebagai respon baik kami terhadap kebijakan terbaru Kemdikbudristek dalam memberikan kualitas pendidikan terbaik di sekolah kami,” ujarnya, Rabu (25/05/2022).

Baca Juga:  Smart DPKS Bakal Terintegrasi dengan Inspektorat

Selain itu, menurut Fendi, pihaknya menjelaskan bahwa Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka yang melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 kategori, yang tiantaranya Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, dan Mandiri Berbagi.

“Jadi, pada Tahun Ajaran Baru nanti, SMK Al Karimiyyah untuk kelas X sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Kategori Mandiri Berubah,” tegasnya.

Kategori Mandiri Berubah ini berdasarkan pada Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Mandiri Berubah yakni menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan Perangkat Ajar yang sudah disediakan.

“Maka dengan demikian, insyaallah SMK Al Karimiyyah siap menerapkan Kurikulum tersebut,” tandasnya.

Baca Juga:  Sakit Hati Diputusin, Pria Asal Sumenep Culik dan Cabuli Mantan Pacarnya

Perlu diketahui bahwa, kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Tim Komite Pembelajar SMK Negeri 1 Kalianget yang dinahkodai langsung oleh Waka Kurikulum SMK Negeri 1 Kalianget, yaitu Agung Setiawan, dengan anggota tim yang terdiri dari Tedi Wahyudi, Andriawan Arditama, Dewi Amborowati, Hendri Kurniawan, Susanto, Sofi Indriana, dan juga Fahmi Nurhayati.

Dalam pada itu, Fendi Susanto, S.Pd.I., Kepala SMK Al-Karimiyyah menyampaikan bahwa Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka ini sebagai respon terhadap kebijakan terbaru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Upaya ini diambil sesuai Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 1 resmi diluncurkan pada 27 April lalu.

Baca Juga:  Disdik Sumenep Kembali Terapkan PJJ

Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Jalur Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 terdiri dari 3 kategori. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi. Pada Tahun Ajaran Baru nanti, SMK Al-Karimiyyah untuk kelas X sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Kategori Mandiri Berubah. Kategori Mandiri Berubah ini berdasarkan pada SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Mandiri Berubah yakni menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan Perangkat Ajar yang sudah disediakan.

Temukan Kami: