Festival Musik Tong Tong Se-Madura Bakal Diikuti 30 Grup

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Festival musik tong-tong se Madura, sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Sumenep ke-750 bakal digelar pada 26 Oktober 2019.

Festival musik Tong Tong atau yang lebih dikenal dengan musik ‘Uldaul’ itu dimotori oleh Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep. Iven tahunan itu bakal diikuti sebanyak 30 grup se-Madura.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Carto mengatakan, Festival Musik Tong-tong digelar sebagai rangkaian memeriahkan hari jadi kabupaten Sumenep ke 750.

“Ini untuk memeriahkan Hari Jadi Sumenep yang ke 750, lomba musik tong tong dibatasi hanya 30 peserta dari dalam maupun luar kabupaten,” jelas Carto, Rabu (23/10).

Baca Juga:  Kasus Positif Covid-19 di Sumenep Bertambah 5 Orang, Total Menjadi 23 Pasien

Namun, peserta musik tradisional ini ternyata membludak, sehingga panitia harus menutup pendaftaran sebelum waktu yang ditentukan.

“Pada tanggal 13 Oktober 2019 kemarin belum berakhir, namun kuota peserta sudah penuh. Kendati begitu, meski banyak yang tidak kebagian tiket tetap bisa tampil, hanya saja tidak akan masuk dalam penilaian juri atau peserta di luar. Yang 30 peserta itu tidak dapat nilai,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Festival ini dipastikan akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Secara teknis akan dilaksanakan pada malam hari, namun yang berbeda untuk tempat penonton umum baik warga ataupun pendatang dari luar sama-sama bisa dapat kursi dengan cara membeli kepada panitia.

Baca Juga:  Sumenep Expo, Jadi Ajang Pameran Hasil Kerja Pemerintah Sumenep

“Hal itu dilakukan agar masyarakat dan pengunjung diberi kesempatan yang sama untuk menonton festival musik tong-tong lebih dekat, agar tidak menoton seperti tahun sebelumnya, yang duduk dikursi hanya pejabat saja,” tegasnya.

Leave a Reply