Ketua BPD Tanjungharjo Bojonegoro Meminta Pantarlih Profesional

- Admin

Selasa, 25 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO, SUARABANGSA.co.id – Dalam tahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil walikota, Hari ini memasuki tahapan Pendataan dan Validasi pemilih (Pantarlih).

Sebanyak 18 orang petugas Pantarlih Desa Tanjungharjo, kecamatan Kapas, kabupaten Bojonegoro, yang nanti akan memvalidasi pemilih di Tiga Dusun di 9 TPS. Hari Senin (24/6/2024) di lantik dan disumpah, Bojonegoro Provinsi Jawa timur.

Dalam sambutan Ketua PPS Desa Tanjungharjo setelah acara sumpah jabatan dan ikrar fakta integritas bersama, Nur Ali selaku Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS), menyampaikan beberapa hal penting terkait tugas dan tanggung jawab Pantarlih (PPS) bersama dalam menyukseskan Pilkada.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada rekan-rekan yang telah terpilih dan dilantik sebagai Pantarlih. Tugas yang diemban oleh rekan-rekan sekalian adalah tugas yang sangat mulia dan penting. Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada adalah data yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas ini, dibutuhkan komitmen, kejujuran, dan integritas yang tinggi,” harapnya.

Baca Juga:  Buma Cup 2022, Kades Mayangrejo Apresiasi Kegiatan Pemuda Desa

Lanjutnya, Kedua saya mengingatkan bahwa tugas pemutakhiran data pemilih harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesionalisme. Rekan-rekan Pantarlih diharapkan untuk turun langsung ke lapangan, mendata setiap pemilih dengan cermat, serta memastikan bahwa tidak ada warga yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar sebagai pemilih. Ingatlah bahwa keberhasilan pemutakhiran data pemilih ini sangat menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada secara keseluruhan.

Ketiga, dalam melaksanakan tugasnya, Pantarlih harus selalu menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independensi. Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau kelompok yang mempengaruhi kinerja rekan-rekan sekalian. Kita semua harus bekerja untuk kepentingan bangsa dan negara, memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil.

Baca Juga:  SKI Jatim Sambut Baik Pencapresan Anis Baswedan, Siap Kawal Menjadi Presiden

“Akhir kata, saya berharap agar semua rekan-rekan Pantarlih dapat bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi yang efektif dengan PPS, PPK, serta instansi terkait lainnya. Mari kita bersama-sama menyukseskan Pilkada ini dengan bekerja keras, jujur, dan penuh semangat,” ujarnya.

Hal yang sama juga di sampaikan Suyono selaku kepala Desa Tanjungharjo, berharap petugas yang sudah lolos seleksi tersebut agar ikhlas dan semangat untuk menjadi panitia pemilu di desa, jangan lupa untuk saling kordinasi terutama di tingkat Rukun tetangga (RT) dan berharap jangan sampai ada masalah dan menimbulkan masalah, karena tidak berkordinasi, dan Kepala desa meminta panitia untuk netralitas di jaga.

“Saya juga netral, sama seperti yang di sampaikan pak edi, jadi kami mohon untuk saling kordinasi ini, anggaplah ini bagian dari ibadah dan jangan takut untuk bertanya, kordinasi khususnya di tingkat Rt, dan ketua PPS, dan harus menjaga Netralitas,” pintanya.

Baca Juga:  BPEK PDI Perjuangan Bondowoso Ikuti Webinar Nasional Daulat Pangan, Wabup Irwan Beri Pesan

Hal yang berbeda di sampaikan oleh ketua BPD Desa Tanjungharjo, Edi sudaryono meminta kepada petugas pemilih (pantarlih) diharapkan profesional dan kapabilitas agar tidak melakukan hal hal yang tidak di inginkan, misalnya sambil mendata tapi sambil mempromosikan dan kampanye calon nya, jagonya, hal ini jangan sampai terjadi.

“Kalau sampai ada laporan dan ternyata ada yang melakukan kampanye sambil mendata, saya tidak segan-segan untuk melaporkan, saya punya hak untuk melaporkan itu,” pungkasnya.

Setelah acara penandatangan dilanjutkan Bimbingan teknis, dan acara tersebut dihadiri oleh Kepala desa, BPD, Tokoh agama dan masyarakat, PPS dan jajaran, Panwas desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Penulis : Takim

Editor : Putri

Berita Terkait

Ra Imam Pepet Rekomendasi PPP di Pilkada Bangkalan
Mantan Kemenag Pamekasan Nyatakan Siap Jadi Cawabup
KPU Bangkalan Lounching Maskot dan Jingle Pilkada 2024
Jelang Pilkada 2024, PT. Bawang Mas Gelar Diskusi dan Dengar Aspirasi
Projo Bojonegoro: Koalisi Indonesia Maju Harus Kompak di Pilgub dan Pilkada
Rudi Santoso Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Pamekasan ke DPC Gerindra
Pilkada 2024, DPC Demokrat Bojonegoro Tunggu Instruksi DPP
Fattah Jasin Daftar Calon Bupati ke Gerindra Pamekasan, Sebut Ada dua Nama Siap Jadi Wakil
Tag :

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 05:05 WIB

Begini Pandangan Fraksi Gerindra Terhadap Nota Penjelasan Pj Bupati Bojonegoro

Senin, 8 Juli 2024 - 01:28 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Sampaikan Nota Penjelasan Raperda Tentang RPJPD Tahun 2025-2045

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:12 WIB

Sempat Cekcok, Akhirnya Satpol PP Pamekasan Tetap Tertibkan PKL

Kamis, 4 Juli 2024 - 16:11 WIB

Satpol PP Pamekasan Lakukan Penertiban PKL di Sekitar Arek Lancor

Selasa, 2 Juli 2024 - 11:05 WIB

Soal Oknum ASN DPMD Sombong dan Minim Etika, Ini Respon Komisi I DPRD Sampang

Senin, 1 Juli 2024 - 14:42 WIB

Miris, Oknum ASN DPMD Sampang Dinilai Minim Etika

Kamis, 27 Juni 2024 - 23:38 WIB

Masa Jabatan Diperpanjang, Kades Dapenda Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik dan Terus Berinovasi

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:53 WIB

Paripurna Pandangan Terkait LPJ Bupati Diterima Fraksi-fraksi, Penetapan Raperda APBD Bojonegoro Gagal Tidak Quorum

Berita Terbaru

Pendidikan

Siswa SDN 2 Tamberu Pamekasan Belajar di Rumah Warga

Selasa, 16 Jul 2024 - 08:47 WIB

Pendidikan

Perlunya Koperasi Sekolah, Untuk Meringankan Wali Murid

Senin, 15 Jul 2024 - 14:23 WIB

Politik

Ra Imam Pepet Rekomendasi PPP di Pilkada Bangkalan

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:22 WIB