Batik Pamekasan Dipakai Puteri Indonesia 2020 di Ajang Miss Universe 2021

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Puteri Indonesia 2020, RR Ayu Maulida Putri akan berkompetisi pada ajang miss universe di Amerika Serikat pada akhir April 2021. Menariknya, puteri tercantik di Nusantara tersebut berencana untuk memakai batik lokal Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ayuma (panggilan akrab) RR Ayu Maulida Putri saat launching Batik Toket Go Internasional di Hotel Front One di Jalan Jokotole, Pamekasan, Sabtu (27/3/2021) lalu.

Ayuma mengatakan, selama ini batik Pamekasan sangat terkenal di kancah nasional. Awalnya, ia tidak menyangka Jawa Timur dan Pamekasan secara khusus memiliki potensi batik yang luar biasa, kualitasnya tidak kalah bersaing dengan batik luar daerah.

“Saya sangat bangga sekali, dan bisa hadir kesini (Pamekasan, red), karena saya sebagai Arek Jatim ya pulang kampung untuk mensukseskan Jawa Timur. Khususnya batik dari Pamekasan, yang mana batik merupakan salah satu kekayaan dari Indonesia dan batik Pamekasan ini sangat terkenal,” katanya.

Dikatakan, dirinya memiliki tugas serta tanggung jawab besar dalam melestarikan kekayaan Indonesia, salah satunya batik Pamekasan agar bisa menjadi inspirasi wanita di Indonesia.

“Semoga ke depan tugas saya sebagai puteri Indonesia mampu melestarikan dan menginspirasi seluruh wanita yang ada di Indonesia,” ujar dia.

Ayuma mengatakan, salah satu gaun yang akan digunakan pada ajang internasional tersebut adalah batik Toket Pamekasan serta beberapa souvernir dari Jawa Timur akan dibagikan kepada puteri-puteri cantik dari 90 negara di dunia.

“Selain itu, saya sebagai miss universe Indonesia yang nanti akan berangkat mewakili Indonesia di ajang miss universe bisa membawa nama harum Indonesia dan bisa juga membawa batik Toket ke Internasional,” katanya penuh semangat.

Launching batik di tengah pandemi covid-19 merupakan hal yang sangat baik dalam meningkatkan semangat pengrajin dan usaha kecil menengah (UKM) di Pamekasan. Harapannya, setelah pandemi berakhir, batik Pamekasan langsung bersaing di pasaran, baik offline maupun online.

“Semoga nanti menjadi yang terbaik untuk Indonesia dan mohon doanya, semoga sukses selalu juga untuk Batik Toket dan seluruh jajaran dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk pemberdayaan,” pungkasnya.

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyampaikan terimakasih kepada Puteri Indonesia 2020 yang sudi hadir ke bumi Gerbang Salam serta memperkenalkan batik Pamekasan, bahkan juga akan membawa batik Toket ke ajang Internasional.

“Kita dari Pemkab Pamekasan akan memberikan semacam selendang kecil atau syal untuk dibagikan kepada seluruh peserta yang akan kita buat khusus. Saya akan berusaha dan beberapa pilihan warna akan kita siapkan,” ujar bupati yang komitmen untuk mengembangkan batik Pamekasan tersebut.(adv)

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Berikan Dana CSR Untuk Pengembangan Usaha Masyarakat

Leave a Reply