Ditemani Bidan, Perempuan Ini Melahirkan di Tengah Laut

Bidan dan Suami Tamima saat mendampingi lahiran di atas Perahu Kayu

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Tamima, warga Dusun Wak Duwak, Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melahirkan di atas perahu kayu saat menuju ke daratan Sumenep.

Perempuan umur 34 tahun itu dibawa oleh suaminya ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gayam, Pulau Sepudi, pada Selasa (08/1/2020) dini hari.

Sesampainya di Puskesmas, Tamima, mendapatkan perawatan dari Bidan Gesi Variana Sari. Pagi sekitar pukul 08.00 WIB, perutnya dirasa semakin mules, sementara bayinya juga tidak keluar dan karena tidak juga melahirkan, keluarga sepakat agar Tamima d rujuk ke wilayah daratan Sumenep.

Baca Juga:  Mobil Via Vallen Diduga Dibakar Orang Tak Dikenal

Karena transportasi minim, berdasarkan kesepakatan dari keluarga. Tamima dirujuk menggunakan perahu angkutan barang.

Saat hendak dirujuk ke daratan, Tamima melahirkan buah hatinya diatas perahu kayu yang ditumpanginya. Dan saat itu masih berada di atas laut dan cuaca ekstrim.

Bidan Gesi Variana Sari, yang hendak merujuk ibu hamil (Bumil) dan hendak melahirkan ke daratan, terpaksa melayani persalinan Tamima di tengah laut. Dengan perlengkapan persalinan seadanya, Bidan Gesi Variana Sari membantu persalinan Tamima ditengah cuaca laut.

“Alhamdulillah, tak disangka lahir bayi jenis kelamin laki-laki, di sekitaran perairan pulau Desa Poteran, Kecamatan Talango,” terang Bidan Gesi.

Baca Juga:  Tingkatkan Populasi dan Mutu Genetik Ternak, Pemkab Sumenep Canangkan Kampung IB

Saat ini kondisi Tamima dan bayinya sehat dan kembali ke Gayam, Pulau Sepudi.

Leave a Reply