Berbagai Inovasi TP PKK Tapsel Melalui UP2K PKK Desa Pardomuan

- Admin

Jumat, 4 Agustus 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TAPANULI SELATAN, SUARABANGSA.co.id – Tim Penggerak PKK Tapanuli Selatan (Tapsel) yang diketuai Ny. Rosalina Dolly Pasaribu tak henti-hentinya memberikan inovasi dalam peningkatan ekonomi dan kualitas pendidikan masyarakat di kabupaten itu.

Inovasi tersebut, melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K PKK) Desa Pardomuan, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapsel, yang sudah dievaluasi serentak oleh Tim TP PKK Provinsi Sumut pada Jumat (4/8/2023).

Yang mana, sekarang telah melahirkan banyak inovasi melalui program yang dinamai Gelar Pelangi. Gelari Pelangi sendiri, menitik beratkan pada peningkatan kualitas pendidikan serta peningkatan hasil ekonomi masyarakat.

Supaya, mampu bersaing dengan dunia global. Seperti disebutkan, hal itu akan sejalan dengan visi misi Kabupaten Tapsel yang maju berbasis sumber daya manusia pembangun yang unggul, sehat, cerdas, sejahtera, serta sumber daya alam yang produktif dan lestari.

Baca Juga:  Bupati Tapsel Sampaikan Rancangan KUA PPAS TA 2024

Adapun inovasi itu di antaranya, hadirnya perpustakaan desa yang berfungsi untuk peningkatan literasi masyarakat yang berbasis inklusi sosial dengan mengikut sertakan semua golongan masyarakat binaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah melalui kegiatan seperti, story telling dan mewarnai.

Kemudian inovasi selanjutnya ada Rumah Dilan, yang digunakan sebagai tempat mengembangkan keterampilan masyarakat desa, mulai kalangan anak anak, remaja, hingga dewasa.

Di Rumah Dilan telah menghadirkan program-program pelatihan seperti, Desain Grafis dan Desain Busana yang dibina oleh Dinas Tenaga Kerja. Di Rumah Dilan juga ada pelatihan keterampilan membuat kemasan, hingga digital marketing yang dibina oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM.

Pelatihan membuat kerajinan tangan simata, produk-produk turunan dari bahan baku gula aren, ikan lele serta kemasan beras premium silatihan dan siporang, yang dibina oleh Dinas Perindustrian, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, dan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang).

Baca Juga:  Bupati Tapanuli Selatan Dukung Sosialisasi Komcad

Sehingga dengan adanya Rumah Dilan, masyarakat Pardomuan telah mampu secara mandiri menghasilkan berbagai produk seperti, gula aren cair Pardomuan, gula merah Raja Pardomuan, dan selai gula Aren dari Bahan Baku Air Pohan Aren yang melimpah di Desa Pardomuan.

Kemudian, Abon Lele, Nugget Lele, Keripik Kulit Lele hingga Stik tulang lele yang bahan bakunya dari Ikan Lele, Beras Premium Nadoli yang menjadi Merek Dagang Khas Desa Pardomuan.

Inovasi selanjutnya adalah telah memiliki Rumah produksi binaan dari Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM, Dinas Kesehatan Daerah dan Dinas Perindustrian dalam menjaga standar mutu dan Kesehatan dalam memproduksi produk produk UP2K.

Dalam hal pemasaran produk, UP2K menghadirkan Toko Keliling atau Koling, inspirasi dari Ketua PKK Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, dan Toko Koperasi Produsen Berkah Jaya Pardomuan, yang terletak di Jalan Lintas Daerah.

Baca Juga:  Dinas Pertanian Probolinggo Lakukan Sosialisasi Pengendalian OPT

Tak ketinggalan pemasaran lewat dunia digital melalui Dinas Kominfo Daerah juga dilibatkan yakni lewat Aplikasi Penjualan Online SIADEPAR milik UP2K PKK Desa Pardomuan. Selain itu Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM juga membantu promosi Produk melalui Aplikasi WIRADIBA, dan Penjualan Online Market Place Poken Tapsel.

Tak disangka Koperasi Berkah Jaya Pardomuan sebagai wadah ekonomi masyarakat, telah mampu membangun relasi dengan dunia perbankan Bank Sumut menghadirkan sistem transaksi pembayaran melalui Q-RIS yang mempermudah transaksi secara online terhadap pasar konsumen.

Dengan hadirnya produk-produk UP2K PKK Desa Pardomuan, yang menarik, berkualitas, alami dan halal itu telah memberikan dampak langsung dengan meningkatnya pendapatan masyarakat hingga 2 kali lipat.

Penulis : Rahmat Hidayat

Editor : Putri

Berita Terkait

Pj Bupati Bojonegoro Launching ILP dan Lansia Sembada
Dapat Tambahan Jabatan Menjadi 8 Tahun, 360 Kepala Desa se Bojonegoro Syukuran
Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Pj Bupati Bojonegoro Beri Apresiasi
Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal
Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati
Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers
Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun
Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Berita Terkait

Jumat, 5 April 2024 - 17:46 WIB

Gelar Buka Puasa Bersama, RSUD dr Mohammad Zyn Sampang Santuni Anak Yatim

Jumat, 8 Maret 2024 - 15:45 WIB

Jaga Kesehatan Jelang Bulan Puasa, Camat Torjun Gelar Senam Bersama

Minggu, 4 Februari 2024 - 20:53 WIB

Tingkat Infertilitas di Indonesia Capai 10-15 Persen, Segera Kenali Pentingnya Scoring Untuk Pasangan Muda

Minggu, 21 Januari 2024 - 10:39 WIB

Penjelasan Dokter Spesialis Gizi RS National Hospital Surabaya Soal Diet Turunkan Berat Badan

Rabu, 17 Januari 2024 - 19:54 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Tinjau Kegiatan Posyandu di Desa Ngunut Dander

Selasa, 16 Januari 2024 - 21:33 WIB

Babinsa Mayangrejo Bojonegoro Bersama Ibu-ibu PKK Sinergi Menjaga Balita dari Bahaya Stunting

Selasa, 16 Januari 2024 - 20:34 WIB

Cegah Penyebaran Polio, Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Ulang Serentak

Kamis, 21 Desember 2023 - 14:28 WIB

Antisipasi Covi-19, RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan Siaga 24 Jam

Berita Terbaru

Birokrasi

Pj Bupati Bojonegoro Launching ILP dan Lansia Sembada

Selasa, 30 Apr 2024 - 23:29 WIB

Hiburan

Mensesneg Meriahkan Panggung Gor The Dozs di Dolok Gede

Senin, 29 Apr 2024 - 18:49 WIB