Kominfo Harap Insan Pers Tingkatkan Kualitas Berita

- Admin

Rabu, 9 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, SUARABANGSA.co.id – Insan pers di Indonesia diharapkan untuk meningkatkan kualitas sajian informasi.

Pasalnya, menurut Staf Khusus Menkominfo Philip Gobang saat ini ketertarikan publik terhadap konten berita cenderung menurun dibandingkan dengan konten media sosial.

“Saya ingin menyampaikan ada fakta atau data yang menarik bahwa sumber informasi yang diakses oleh masyarakat sangat beragam, yang menarik adalah dari sumber informasi yang diakses oleh masyarakat media sosial di posisi yang paling tinggi ada 73%,” ujarnya dalam Dialog Interaktif Peran Media Online dalam Literasi Demokrasi yang diselenggarakan secara hibrida oleh RRI Ende, dari Jakarta, Rabu (09/02/2022).

Philip Gobang menambahkan sumber informasi yang diakses publik di media sosial bahkan jauh lebih meningkat dibanding sumber informasi lainnya, seperti televisi 59,70%, berita online 26,70%, situs web pemerintah 13,90%, media cetak 4%, radio 4% dan yang lain-lainnya 1,20%.

Baca Juga:  Anggota Samapta Polres Bondowoso Tingkatkan Kemampuan Penanganan Unjuk Rasa

“Gambaran ini menunjukkan bahwa memang kita sedang memasuki satu era perubahan yang sangat luar biasa, dimana publik begitu mudahnya mengakses informasi melalui berbagai platform media khususnya media sosial,” jelasnya.

Stafsus Menkominfo menegaskan bahwa perubahan besar di era disrupsi teknologi terus merambah pada fakta kehadiran media di ruang publik melalui platform digital.

“Karena dalam kondisi ini kita sebetulnya dihadapkan pada kondisi yang menjadi tantangan bagaimana mendorong tingkat kesenjangan kepercayaan publik antara media mainstream dan media sosial, yang kalau kita lihat data yang saya sampaikan tampak semakin tinggi atau masih ada jarak yang cukup jauh,” tegasnya.

Kementerian Kominfo, lanjutnya, terus mendorong informasi yang berkualitas, terlebih dalam peringatan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari 2022 menjadi momentum yang sangat tepat bagi seluruh masyarakat pers.

Baca Juga:  Peringati HUT RI, Warga Gang Depo Kelurahan Sumbang Bojonegoro Dihujani Hadiah

“HPN 2022 menjadi momentum bagi seluruh jurnalis di seluruh Indonesia untuk juga memastikan langkah-langkah berikut apa yang mesti dilakukan menghadapi tantangan seperti ini. Karena tantangan ini memang akan terus kita hadapi, namun pada saat yang sama kita juga punya peluang untuk menjawab tantangan yang terkait,” ujarnya.

Menurut Stafsus Philip Gobang, Kementerian Kominfo telah menginisiasi Gerakan Literasi Digital Nasional melalui empat pilar yakni budaya digital, etika digital, kecakapan digital dan keamanan digital. Gerakan tersebut dihrapkan dapat pemahaman literasi digital masyarakat, khususnya insan pers menjadi semakin meningkat.

“Empat pilar ini sejalan dengan Peta Jalan Literasi Digital Nasional yang sudah ditegaskan juga oleh Bapak Presiden pada 2021 yang lalu untuk memastikan dalam dua sampai empat tahun kedepan, masyarakat di seluruh pelosok tanah air sekurang-kurangnya telah mendapat pemahaman bagaimana menggunakan semua platform digital dengan baik,” tandasnya.

Baca Juga:  Bid Humas Polda Jatim, Bagikan Sembako Kepada Kuli Panggul

Stafsus Menkominfo menjelaskan program GNLD mencakup seluruh wilayah di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Program tersebut menargetkan 50 juta masyarakat hingga tahun 2024 yang dimasifkan dengan menghimpun lebih dari 12, 5 juta peserta setiap tahunnya.

“Menteri Kominfo Bapak Johnny G. Plate sendiri ingin memastikan bahwa masyarakat semakin hari semakin menyadari bagaimana menggunakan platform digital yang ada. Maka dengan panduan empat pilar tersebut, tentunya digerakkan oleh pemerintah tetapi pemerintah pun mendorong semua komponen masyarakat dimana saja dalam level apapun ikut berpartisipasi dalam gerakan literasi digital nasional ini,” tandasnya.

Berita Terkait

Hendak Salip Truk, Mobil Pickup di Sampang Tabrak Pemotor hingga Tewas
Niat Nonton Festival Pegon, Pasutri di Jember Tabrak Ranting Pohon, Suami Tewas di Tempat
Warga Pamekasan Geruduk Kantor PLN
Viral Video Warga di Sampang Temukan Jasad Pria Penuh Luka, Kapolsek Robatal Bilang Begini
Biaya Parkir Disebut Mahal, Begini Respon Pengelola Wisata Pantai Camplong Sampang
Tak Ada Fasilitas yang Ditawarkan, Tiket Masuk dan Biaya Parkir Pantai Wisata Camplong Mahal
Gelar Buka Puasa Bersama, RSUD dr Mohammad Zyn Sampang Santuni Anak Yatim
Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Berita Terkait

Selasa, 23 April 2024 - 20:22 WIB

Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Pj Bupati Bojonegoro Beri Apresiasi

Rabu, 10 April 2024 - 17:24 WIB

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati

Kamis, 4 April 2024 - 18:14 WIB

Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Selasa, 2 April 2024 - 22:44 WIB

Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:26 WIB

Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:01 WIB

Paripurna Jawaban LKPJ Pj Bupati Bojonegoro, Hasilkan 30 Rekomendasi untuk 2024

Senin, 25 Maret 2024 - 14:16 WIB

Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Paparan Pj Bupati Sampang

Jumat, 22 Maret 2024 - 12:38 WIB

Pj Bupati Pamekasan Hadiri Penutupan TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0826

Berita Terbaru