Satpol PP Bondowoso dan Bea Cukai Amankan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Satpol PP Bondowoso dan Bea Cukai Jember amankan ratusan ribu rokok ilegal. (Sumber: Humas Satpol PP Kabupaten Bondowoso)

BONDOWOSO, SUARABANGSA.co.id – Satpol PP Kabupaten Bondowoso dan Bea Cukai Jember mengamankan ratusan ribu rokok ilegal pada, Rabu (5/10/2022).

Sebagian besar rokok ilegal tersebut diduga berasal dari Madura.

Rokok ilegal ini diproduksi oleh sejumlah home industri di wilayah Madura dan kawasan Tapal Kuda, karena kawasan ini memang dikenal sebagai penghasil tembakau.

Rokok ilegal berbagai merk ini disita dari pasar, toko, maupun rumah yang diduga sebagai tempat mengepul di wilayah Kecamatan Wringin, Bondowoso dan Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Baca Juga:  Sergap Bus, Petugas Bea Cukai Madura Amankan Ribuan Batang Rokok Ilegal di Surabaya

Kasatpol PP Kabupaten Bondowoso Slamet Yantoko menegaskan perang terhadap peredaran rokok ilegal. Yakni rokok yang menggunakan cukai tidak resmi, maupun rokok yang sama sekali tak menggunakan cukai.

“Kegiatan ini memang terus kami lakukan secara berkala, untuk meminimalisir penjualan rokok ilegal di masyarakat,” tutur Slamet.

Mengenai home industri yang ada di Bondowoso terlebih dulu akan dilakukan tindakan persuasif berupa sosialisasi tentang undang-undang tentang cukai maupun perda.

Slamet mengungkapkan, total barang bukti yang mereka amankan sebanyak sekitar 65 ribu bungkus rokok. Sementara dari hasil 3 kali operasi bersama bea cukai total yang berhasil diamankan yaitu 300 ribu batang rokok ilegal.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Rokok Ilegal asal Madura Kembali Diamankan Satpol PP Bondowoso dan Bea Cukai Jember

Kemudian, ratusan batang rokok ilegal tersebut akan dihimpun dan dimusnahkan di satu tempat.

Kemasan rokok berbagai merk di tingkat pengepul harganya memang relatif murah, yakni Rp 5 sampai 7 ribu per bungkus. Rokok ilegal itu lantas diedarkan di pasaran.

Diduga beredarnya rokok tak bercukai maupun menggunakan cukai tak resmi ini diduga masuk wilayah Bondowoso dan sekitarnya melalui pelabuhan Panarukan, serta beberapa pelabuhan penyeberangan lainnya.

Leave a Reply