NU Bondowoso Bakal Punya Rumah Sakit, Bupati Salwa: Pemda Terus Bersinergi dalam Pembangunan

Pembangunan RSNU ditandai agenda Ground Breaking oleh Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin pada Kamis, 31 Maret 2022

BONDOWOSO, SUARABANGSA.co.id – Warga Nahdlatul Ulama (NU) Bondowoso akan memiliki Rumah Sakit dengan 4 lantai yakni RSNU.

Pembangunan rumah sakit ini sudah dimulai dengan ditandai agenda Ground Breaking oleh Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin pada Kamis, 31 Maret 2022.

Lokasi rumah sakit ini ada di Traktaan, Kecamatan Wonosari. Tepatnya arah utara dari Kantor DPRD Bondowoso.

Pembangunan ini tepat ada di sampingi Klinik NU yang selama ini sudah beroperasi.
Hanya saja untuk RS NU ini, pembangunannya bekerjasama dengan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS).

Baca Juga:  Didampingi Forkopimda Jatim, Ketua DPR-RI Mengecek Vaksinasi di Surabaya

Bupati Bondowoso yang hadir besama Sekda Bondowoso H. Bambang Soekwanto, dalam pidatonya menyampaikan jika selain bupati pihaknya adalah Musytasyar PCNU Bondowoso.

“Peran NU sangat strategis dalam pembangunan. Karenanya pemerintah daerah terus bersinergi dalam pembangunan,” terang bupati.

Ihwal pembangunan RSNU Bondowoso, Yayasan RSNU tengah menemui kesulitan terkait pembebasan tanah sawah yang posisinya gandeng dengan lahan RSNU.

Lahan itu milik pemerintah desa. Yayasan RSNU sudah menyiapkan lahan pengganti sebagai tukar guling. Namun masih terkendala administrasi.

Bupati Bondowoso dalam hal ini siap membantu untuk kelancaran pembangunan RSNU.

Baca Juga:  Pemkab Probolinggo Gelar Gowes Bike To Work

Sementara Ketua PCNU Bondowoso KH. Abdul Qodir Syam mengatakan, RSNU ditujukan sebagai rumah sakit warga NU di Bondowoso.
“Cakupannya dari berbagai daerah, termasuk Situbondo,” terangnya.

Ketua Yayasan RSNU Bondowoso Dr. H. Mas’ud Ali M.Pd.I mengatakan, seluruh RSNU Bondowoso biayanya dari YARSIS. Sedangkan tanahnya dari RS NU Bondowoso.

“Nanti setelah bangunan selesai, manajemen YARSIS. Namun tenaga dokter yang selama ini ada di Klinik NU, dilibatkan,” tegasnya.

Manajemen dari YARSIS, dan PCNU Bondowoso ada di dalamnya. Sedangkan nantinya ada 4 lantai. Hanya saja yang dibangun awal masih 3 lantai. (awi)

Baca Juga:  Wabup Sumenep Lantik Pengurus FLKSA-PSAA, Ini Pesannya
Temukan Kami: