Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan Gelar Diklat Berjenjang untuk Guru PAUD yang Profesional dan Berkualitas

- Admin

Jumat, 9 Juni 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TAPANULI SELATAN, SUARABANGSA.co.id – Untuk semakin meningkatkan mutu guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang profesional dan berkualitas, Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar diklat berjenjang tingkat dasar, lanjut dan mahir dalam pengembangan karir pendidikan dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) Tahun 2023.

Diklat tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu bersama Bunda PAUD Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu di Aula Hotel Tor Sibohi, Kecamatan Sipirok, pada Jumat (9/6/2023).

Dalam sambutannya, Dolly berharap agar semua peserta dapat mengikutinya dengan maksimal sehingga nantinya dapat menjadi tenaga pendidik yang lebih profesional.

Lanjut Dolly, Program ini merupakan program lanjutan setelah beberapa waktu yang lalu diadakan, mulai dari diklat dasar, lanjut dan mahir.

Baca Juga:  Raih Penghargaan Terbanyak, TP PKK Tapsel Juara Umum

“Dengan semakin profesionalnya Guru PAUD di Tapsel maka akan semakin baik dalam menciptakan generasi Tapsel yang maju dan cerdas,” ujarnya.

Sementara Bunda PAUD Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu meminta kepada semua guru untuk dapat memahami pola pendidikan di tingkat PAUD.

“Kemampuan mendidik usia PAUD harus betul-betul dipahami oleh semua bunda/yanda, sehingga pendidikan PAUD di Tapsel dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih pada Bunda/Yanda PAUD yang sudah pernah mengikuti diklat dasar, terus asah kemampuannya untuk ikut diklat lanjut dan mahir,” katanya.

Bunda PAUD Tapsel juga mengatakan, di tanggal 6-7 Juni yang lalu ia mengikuti pelatihan, “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan,” bersama Mendikbudristek Bapak Nadiem Anwar Makarim yang membuat suasana pendidikan usia dini kita semakin ceria dan gembira.

Baca Juga:  Pemkab Tapsel Beri Apresiasi Atas Kepedulian PT Purba Margana Wisata ke CJH dan Umrah

Sebelumnya Kadis Pendidikan Tapsel, Arman Pasaribu diwakili Kabid PAUD Zulkarnain Harahap, dalam laporannya menjelaskan, pelatihan itu bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pendidik menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Sehingga nantinya para guru mampu merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan, serta agar dapat memenuhi empat kompetensi utamanya,” jelasnya.

Selain itu, Zulkarnain juga menjelaskan bahwa diklat tersebut terdiri dari tiga tingkat yakni, diklat tingkat dasar sebanyak 40 orang, diklat tingkat lanjut sebanyak 40 orang dan diklat tingkat mahir sebanyak 40 orang yang berasal dari 15 Kecamatan Se-Tapsel.

“Diklat ini dilaksanakan selama 5 hari, dan sudah termasuk dilaksanakan ke tiga tingkatan tersebut dengan dasar pelaksanaan Permendikbudristek No. 137/2014 tentang standar pendidikan anak usia dini dan Permendikbudristek No. 32/2022 tentang standar teknis pelayanan minimum,” terangnya.

Baca Juga:  Melalui DBHCHT, Pemkab Pamekasan Bakal Beri Pembinaan Sejumlah IKM

Sementara sumber dana kegiatan, kata Zulkarnain berasal dari APBD Tapsel Tahun Anggaran 2023, dan jadwal pelaksanaan kegiatan pada Jumat (9/5) sampai Selasa (13/5), dengan Narasumber Bunda PAUD Tapsel, Kadis Pendidikan Tapsel, dan Balai Besar Guru Penggerak Sumut sebanyak enam orang.

“Adapun syarat untuk mengikuti pelatihan tingkat dasar harus sudah terdaftar di Dapodik Kemendikbudristek, sementara untuk tingkat lanjut harus ada sertifikat telah mengikuti tingkat dasar, dan untuk mengikuti tingkat mahir harus ada sertifikat pernah mengikuti tingkat lanjut,” ungkap Zulkarnain.

Berita Terkait

Pemkab Bojonegoro Dapat 22 Poin Rekomendasi dari BPK, Legislatif Langsung Rapat dengan OPD
Apresiasi Langkah Bupati Sumenep, Ketua DPRD Minta Masyarakat Dukung Aksi Pengurangan Sampah Plastik
Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi; Komitmen Pemkab Sampang Wujudkan Pemerintahan yang Bersih
Bojonegoro Raih Tiga Penghargaan Pada Peringatan BBGRM Ke-XXI Dan HKG PKK Ke-21 Prov Jatim 2024
408 Kades di Bojonegoro Dapat Perpanjangan Masa Jabatan
Pj Bupati Bojonegoro Serahkan 1.935 SK PPPK, Dari Tenaga Guru Sampai Tenaga Kesehatan dan Teknisi
Closing Pekan Batik di Bojonegoro Berkolaborasi Dengan BUS KPK, Dihibur Niken Salindri
Satgas Pencegahan Peredaran Rokok Ilegal di Pamekasan Mengikuti Bimtek Operasi Pemberantas Barang Kena Cukai

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:20 WIB

Polsek Kapas Bojonegoro Beri Bantuan 10 Sak Semen ke Masjid Jamik Desa Sambiroto

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:45 WIB

Kapolda Jatim Letakkan Batu Pertama Pembangunan RS Bhayangkara Pamekasan

Selasa, 14 Mei 2024 - 21:17 WIB

Dua Pejabat Utama Polres Pamekasan Dimutasi

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:43 WIB

Kapolres Bojonegoro Ingatkan Anggotanya Agar Netral di Pilkada 2024

Minggu, 5 Mei 2024 - 16:11 WIB

Jelang Kelulusan Sekolah, Kapolres Bojonegoro Imbau Siswa Tidak Lakukan Hal Negatif

Selasa, 23 April 2024 - 20:35 WIB

Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Lakukan Penertiban Knalpot Brong

Minggu, 21 April 2024 - 20:21 WIB

Polsek Tlanakan Pamekasan Buru Pelaku Penganiayaan

Selasa, 9 April 2024 - 20:41 WIB

Kapolres Bojonegoro Himbau Warga untuk Takbiran di Masjid

Berita Terbaru