Anggota DPR RI Apresiasi Kinerja Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya

Kerusuhan Papua,

Mohammad Toha anggota Komisi III DPR-RI

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Muhammad Toha mengapresiasi kinerja Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.

“Saya melihat setidaknya ada dua tindakan terukur dan efektif yakni pendekatan dialog serta penegakan hukum yang dilakukan aparat Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya,” jelas Toha.

Menurutnya, dalam menangani kondisi yang cukup menegangkan kemaren polisi bergerak cukup efektif.

“Polisi cukup efektif dalam meredam aksi gangguan keamanan di Papua dan Papua Barat. Alhasil, hanya dalam hitungan hari kondisi sudah kondusif,” terang Muhammad Toha kepada media, Rabu (4/9).

Baca Juga:  Mau Pulang ke Sumenep, Warga Ambunten Nyungsep di Tol Ngawi

Ia menambahkan, dua institusi Polisi di daerah sudah melakukan perilaku yang profesional sebagai bentuk tanggung jawab tugas sebagai aparat negara.

“Pasalnya, rusuh Bumi Cenderawasih itu akibat hoaks serta aksi rasialis di asrama Mahasiswa Papua, Kalasan, Surabaya,” tegasnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho telah melakukan tindakan secara bersamaan penegakkan hukum atau yuridis seperti penetapan dua orang tersangka pelaku yang diduga melakukan rasis di Surabaya, Jawa Timur.

Disamping itu, secara bersama-sama Polri juga melakukan dialog-dialog komunikasi dengan para tokoh masyarakat, adat dan kepala suku setempat.

Baca Juga:  Diduga Karena Selip Ban, Warga Malang Tabrak Guardrail di Tol Malang-Pandaan

“Bahkan menggelar acara menggelorakan warga Jatim khususnya Surabaya cinta Papua. Saya kira patut diapresiasi,” ungkap Toha.

Leave a Reply