177 Calon Jemaah Haji dan Hajjah Tapsel Ikuti Manasik Akbar

- Admin

Selasa, 16 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TAPANULI SELATAN, SUARABANGSA.co.id – Sebanyak 177 Calon Jemaah Haji dan Hajjah Tapanuli Selatan Tahun 1444 H/2023 M mengikuti manasik akbar di Masjid Agung Syahrun Nur, Komplek Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok pada Selasa (16/5/2023).

Dalam sambutannya Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengatakan, bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang mengutamakan kesehatan serta kekuatan fisik maka dari itu Dolly mengingatkan kepada calon jemaah agar menjaga kesehatan, mengingat beberapa hari ke depan jemaah calon haji akan diberangkatkan.

“Cuaca saat ini cenderung panas, maka dari itu perlu kita menjaga kesehatan karena panas di Kabupaten Tapanuli Selatan berbeda sekali dengan panas di tanah suci. Jadi sejak sekarang marilah mulai menjaga kesehatan supaya nanti tidak menjadi halangan ketika melaksanakan ibadah haji,” terang Dolly.

Baca Juga:  Kejari Tapanuli Selatan Hentikan Penyelidikan Kasus Dana Hibah KNPI Tapsel 2019

Selama kegiatan manasik berlangsung diharapkan para calon jemaah haji untuk benar-benar menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, agar para jemaah lebih siap dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat, selamat serta tidak kekurangan satu apapun dan tetap menjaga kekhusukan.

Lebih lanjut Dolly menyampaikan, ketika melakukan ibadah haji, tentu ada saja kekhawatiran oleh tidak terlaksananya rukun haji yang sesuai dengan aturan dimana rukun haji itu merupakan hal yang teramat penting, ujarnya.

“Oleh sebab itu bimbingan manasik haji ini sangat diperlukan, guna untuk memberikan wawasan dan pengetahuan sikap serta perilaku dalam menunaikan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” ungkap Dolly.

Dolly juga menyampaikan kepada para calon jemaah haji dan hajjah agar dapat menikmati suguhan ibadah selama haji.

Baca Juga:  Semarakkan Malam Pagelaran Seni dan Budaya Tapsel, Bupati Dolly Ajak Masyarakat Untuk Hadiri Beramai-ramai

Tak lupa harapan Dolly kepada calon jemaah haji yang hendak berangkat agar kelak menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabrurah, serta yang belum berangkat semoga dapat segera memenuhi panggilan Allah ke tanah suci sehingga kita semua menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tapsel, Drs. Ikhwan Nasution menyampaikan bahwa untuk keberangkatan calon jemaah haji pada tahun ini sebanyak 177 orang yang terdiri 63 orang laki-laki dan 114 orang perempuan.

Sedangkan calon jemaah haji tersebut berasal dari 14 kecamatan yakni, Kecamatan Sipirok, Arse, Saipar Dolok Hole, Aek Bilah, Angkola Timur, Angkola Barat, Batang Toru, Marancar, Angkola Sangkunur, Muara Batang Toru, Angkola Selatan, Batang Angkola, Angkola Muara Tais, dan Sayur Matinggi.

Baca Juga:  Bupati Dolly Harap Putri Pariwisata Terpilih Agar Lebih Kreatif dan Inovatif Terhadap Promosi Pariwisata di Tapsel

“Adapun calon jemaah termuda berusia 20 tahun atas nama saudara Muhammad Risky Siregar bin Abdul Hafis Siregar yang berasal dari Kecamatan Saipar Dolok Hole, dan untuk calon jemaah tertua saudari/ibu Aminah Gultom binti Zakaria Gultom yang berasal dari Kecamatan Angkola Selatan dan sudah berusia 94 tahun,” terangnya.

Selanjutnya Kakan Kemenag juga menyampaikan harapannya kepada calon jemaah haji dan hajjah yang hendak berangkat ke tanah suci kiranya untuk dapat menyempatkan diri mendoakan Bupati Dolly Pasaribu agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Tapanuli Selatan sehingga masyarakat Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera dapat terwujud, harap Ikhwan.

Berita Terkait

Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045, Ini Harapan Pj Bupati Bojonegoro 
Disperindag Kabupaten Pamekasan Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Marhaban Ya Ramadhan
Pj. Bupati Bojonegoro Launching Gerakan Suka Menanam, Ajak Warga Gemar Menanam
National Hospital Surabaya Resmikan Excellent Center Tepat di Hari Ultah Ke-11
MTU dan Bayer Ajak Petani 3 Kabupaten Kabupaten di Jawa Timur Sukses tanam Jagung
Proyek Dinas Perkim Tapsel Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi, Pemerhati Pembangunan Minta Bupati Tegur Kadis
Menuju Re-Akreditasi, UPT Puskesmas Hutaraja Tapsel Terus Perbaiki Kualitas Pelayanan

Berita Terkait

Rabu, 27 Maret 2024 - 22:53 WIB

Kasus Dugaan Korupsi Gebyar Batik Pamekasan Mandek di Inspektorat

Selasa, 19 Maret 2024 - 18:30 WIB

Diduga Korupsi Banpol Rp 800 Juta, Pengurus PSI Surabaya Diadukan ke Polda Jatim

Senin, 26 Februari 2024 - 15:44 WIB

Beraksi Sejak Tahun 2021, Pasutri Pelaku dan Satu Penadah Curanmor di Ciduk Satreskrim Polres Pamekasan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:32 WIB

Motif Pengeboman Rumah KPPS di Pamekasan Bukan Soal Politik, Ternyata Soal Dendam

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:33 WIB

Satreskrim Polres Pamekasan Masih Buru Pelaku Pengeboman Rumah Ketua KPPS

Senin, 19 Februari 2024 - 14:20 WIB

Polres Bojonegoro Tangkap Pelaku Pengeroyokan di Desa Mojoranu

Jumat, 2 Februari 2024 - 12:40 WIB

Polres Pamekasan Diduga Ringkus Oknum Kiai yang Juga Perangkat Desa

Kamis, 1 Februari 2024 - 13:12 WIB

Peras Kades, Oknum Wartawan di Pamekasan Terkena OTT

Berita Terbaru