Gelar Perkemahan, Kasek SMPN 3 Sapeken : Untuk Melatih Siswa-Siswi Hidup Disiplin dan Gotong Royong

SMPN 3 Sapeken, Sumenep menggelar perekemahan memperingati hari pramuka dan HUT RI tahun 2022

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – SMP Negeri 3 Sapeken, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar perkemahan pramuka. Giat ini dilakukan mulai tanggal 12 hingga 16 Agustus mendatang.

Perkemahan pramuka tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Selain itu, juga menyambut HUT RI ke 77 tanggal 17 Agustus mendatang. Seluruh jenjang kelas, mulai kelas 7 hingga kelas 9 di SMP Negeri 3 Sapeken mengikuti perkemahan ini.

Kepala SMP Negeri 3 Sapeken, Ibnu Ma’rub mengatakan, selain semata-mata memperingati hari pramuka, kegiatan tersebut juga untuk mendidik siswa cara hidup mandiri. Selain itu, perkemahan pramuka juga mengajari siswa di sekolah tersebut untuk bisa hidup disiplin.

“Perkemahan ini pasti akan memberikan pelajaran pada siswa dan siswi untuk hidup mandiri dan disiplin. Karena hal-hal mendasar dalam kehidupan seperti itu harus ditanamkan sejak dini, dan salah satu caranya adalah melalui perkemahan pramuka itu,” katanya, Minggu (14/8).

Baca Juga:  Gubernur Jatim Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga Juni Mendatang

Lebih dari itu, kata dia, perkemahan tersebut juga untuk memberikan pemahaman kepada anak didik SMP Negeri 3 Sapeken tentang hidup gotong royong. Hal itu sesuai dengan tajuk peringatan pramuka tahun ini yakni Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Dia mengatakan, dalam sejarah, ketangguhan bangsa, dari seluruh sisi yang sudah berjalan selama ini memang dibangun melalui semangat hidup bergotong royong. “Untuk membangun ketangguhan bangsa itu banyak hal yang harus dilakukan. Hal paling mendasar adalah kita harus saling bahu membahu membangun bangsa,” jelasnya.

“Dan melalui perkemahan ini, kami ingin memberikan pelajaran kepada siswa-siswi kami tentang bagaimana cara hidup bahu membahu atau gotong royong itu. Karena di perkemahan ini, mereka dalam satu tim harus saling bantu membantu untuk saling menghidupi satu sama lain, karena di sini, selama beberapa hari ini, mereka harus jauh dari orang tuanya,” sambungnya.

Baca Juga:  Meriahkan Dirgahayu RI ke 75, Yayasan Annibros Motifasi Siswa dengan Berebagai Lomba

Selain itu, perkemahan itu dilakukan juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMP Negeri 3 Sapeken. Kata dia, untuk membangun kualitas pendidikan, hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah bersikap disiplin dalam segala hal, baik oleh murid maupun gurunya sendiri.

“Kami tidak mau patah arang, memang benar kami berada di daerah kepulauan, tapi untuk membangun kualitas pendidikan itu tidak boleh memandang letak geografis. Selama kita bisa disiplin disekolah, saya yakin kualitas pendidikan di sekolah itu akan baik,” jelasnya.

Baca Juga:  Setelah Beralih Menjadi Institut, Lima Tahun ke Depan STIT Al Karamiyah Optimis Jadi Universitas

“Muridnya harus disiplin, waktunya belajar ya belajar, waktunya ngaji ya ngaji. Begitupula tenaga pendidiknya, waktunya ngajar ya ngajar. Dan melalui kegiatan pramuka seperti inilah kedisiplinan itu salah satunya bisa dibentuk,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, melalui kegiatan pramuka ini, tema HUT RI ke 77, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat juga bisa terwujud. “Semoga anak-anak mampu mengimplementasikan tema HUT RI ke 77 tersebut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah,masyarakat bangsa dan negara. Semoga mereka bisa melakukan pengabdian tanpa natas,” tukasnya.

Leave a Reply