Gerebek Apartement di Surabaya, Polda Jatim Temukan Ganja Sintetis

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) Bersama Polda Metro Jaya, melakukan penggerebekan di Apartement High Point Jalan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jum’at (7/2/2020).

“Dalam pengerebekan kali ini, menemukan home industri pembuatan Ganja Sintetis yang dibuat secara kimiawi, dengan empat pelaku,” ujar Wadiresnarkoba Polda Jatim, AKBP Nasriadi.

Ke-empat pemuda yang berhasil diamankan yakni Aris (30), Wahab (24), Bondet (30), ketiganya warga Sidoarjo. Serta Riko (18), asal Kalianak Surabaya.

“Selain 4 pemuda ini, di dalam kamar juga ada 2 perempuan di bawah umur. Namun keduanya dilepas setelah dilakukan tes urine dan hasilnya negatif,” ucapnya.

Baca Juga:  Percepat Pemutusan Covid-19, Bupati Sumenep Resmikan Kampung Tangguh Semeru

Pihaknya juga menjelaskan, dalam penggerebekan ini, dilakukan oleh petugas gabungan dari anggota Polda Metro Jaya, Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya.

“Kita lakukan penggerebekan sekitar pukul 06.00 Wib,” kata Wadiresnarkoba Polda Jatim.

Dalam penggerebekan ini, anggota menemukan sedikitnya 5 kilogram ganja sintetis kering, sebagian sudah dikemas siap diedarkan.

“Dan juga, terdapat beberapa alat peracik, seperti timbangan digital dan sprayer yang diduga digunakan pelaku untuk meracik ganja sintetis,” ungkapnya.

Dalam pengungkapan kasus ini, merupakan dari hasil pengembangan, dari kasus yang ditangani Polda Metro Jaya, di beberapa waktu lalu, dengan hasil barang bukti, 25 kilogram ganja sintetis, dan 7 tersangka.

Baca Juga:  Kabaharkam Polri Berkunjung ke Sampang

Dengan ganja sintetis ini, Nasriadi menjelaskan, merupakan jenis ganja baru yang pembuatannya melalui proses kimiawi.

Yaitu, menggunakan bahan baku Tembakau Gayo dari Cianjur yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lain seperti alkohol dan essence.

“Dengan cara mencampurkan beberapa bahan kimia, contohnya alkohol berkadar 98 persen. Kemudian bahan-bahan pewarna dan rasa,” jelasnya.

Ia mengatakan, dengan harga ganja sintetis lebih mahal, ada rasa-rasa, dibanding ganja pada umumnya, lebih mahal ini.

Leave a Reply