Pemkab Bojonegoro Gelar Peningkatan BPD, Diharapkan Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik

BOJONEGORO, SUARABANGSA.co.id – Wujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan benar, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Acara dilaksanakan di ruang Angling Dharma Gedung Pemkab Bojonegoro pada Rabu (18/01).

Acara tersebut dihadiri oleh peserta anggota BPD dari kecamatan Bojonegoro serta Balen sebanyak 191 orang.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan lanjutan di tahun 2022 lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro Machmuddin, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong BPD dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan benar.

Baca Juga:  Bersama DPRD, Pemkab Bojonegoro Bentuk Panitia Khusus Dana Abadi Pendidikan

“Selain itu juga untuk menguatkan peran para anggota BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam desa, optimalisasi keterlibatan BPD dalam menyalurkan aspirasi desa yang partisipatif serta memberikan pemahaman akan fungsi perencanaan, pelaksanaan serta tertib administrasi,” terangnya.

Sementara, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah juga meminta kepada para pengurus serta anggota untuk bisa lebih fokus atas apa yang menjadi tugas dan fungsi BPD.

“Disinilah peran BPD untuk memilah hal mana yang benar-benar urgent dan desa tidak bisa melaksanakan sendiri dalam perencanaan maupun pelaksanaannya,” ungkap Bupati Bojonegoro.

Baca Juga:  Sinopsis Film Autobiography yang Mendapat Segudang Penghargaan, Syuting di Bojonegoro

Selain itu Bupati juga mendorong regenerasi muda untuk ikut memberikan sumbangsihnya dalam perencanaan pembangunan.

“Terkait program RPL, kami akan melanjutkan ke jenjang S2 untuk bisa menambah ilmu pengetahuan baik bagi diri sendiri dan lingkungan,” pungkas Bupati Bojonegoro.

Leave a Reply