Sentra Margo Laras Pati Kunjungi Dua Lansia Lumpuh di Pamekasan : Kami Ditugaskan Langsung Oleh Kemensos

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Petugas Sentra Margo Laras Pati mendatangi dua lansia lumpuh di Dusun Bepao, Kampung Duko Desa Kacok Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur (Jatim) pada Jum’at (15/07/2022) siang.

Kedatangan rombongan tersebut, guna melakukan assessment untuk melihat apa saja yang dibutuhkan oleh kedua lansia tersebut yakni Maliyeh (80) dan Misnanti (75), mengingat mereka yang hanya tinggal berdua tanpa adanya keluarga.

Karena memang keduanya selama hidupnya tidak pernah berkeluarga atau menikah.

“Kami diurus oleh Ibu Menteri Sosial untuk datang dan melihat langsung keadaan Maliyeh dan Misnanti ini, karena informasi yang diterima oleh Ibu Menteri, dua Lansia tersebut tidak mempunyai keluarga,” kata Jiwaningsih Kepala Sentra Margo Laras Pati, kepada Reporter media ini seusai memberikan bantuan kepada Maliyeh dan Misnanti.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Terima Kunjungan Dari Korem 084/Bhaskara Jaya

Dirinya juga menyampaikan selain kebutuhan sehari-hari yang sudah kita penuhi, pihaknya akan mengusulkan kepada Ibu Menteri untuk bantuan Rutilahu-nya (Rumah Tidak Layak Huni).

“Nanti akan kita usulkan untuk renovasi rumah kedua lansia tersebut, agar mereka berdua nantinya bisa tinggal ditempat yang lebih layak, untuk keperluan surat atau proposal pengajuannya, saya sudah koordinasi dan minta tolong kepada Relawan Gema, dan Pemdes setempat untuk menyiapkannya,” ucapnya.

Jiwaningsih juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dengan adanya program Bupati yakni “Simpati Lansia” dengan begitu program itu sudah sangat membantu meringankan tugas Pemerintah Pusat.

“Ibu Menteri mewanti-wanti kepada kita untuk memastikan bahwasanya dua Lansia tersebut terjamin makannya, dan Alhamdulillah setelah kami cek mereka sudah mendapatkan dari Pemkab Pamekasan, jadi kami merasa sangat terbantu, dan itu sangat bagus sekali, dengan begitu Pemkab Pamekasan sudah memberi kepastian bahwa masyarakatnya sejahtera,” tutur Jiwa.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Silaturahmi Dengan Penyandang Disabilitas Madura

Sementara itu Evi Herawati Bendahara Relawan Gema, mengucapkan banyak terima kasih, kepada Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui petugas Sentra Margo Laras Pati, yang sudah peduli dan membantu dua Lansia lumpuh tersebut.

“Saya mewakili Maliyeh dan Misnanti mengucapkan terima kasih banyak, karena semua kebutuhan harian Maliyeh dan Misnanti sudah dipenuhi kemarin oleh Bu Jiwaningsih dan petugas lainnya, mulai dari Pampers, obat-obatan, kasur, selimut, baju, lemari, sembako, serta kebutuhan harian lainnya,” papar Evi.

Evi juga hari ini pada Sabtu (16/07/2021) pagi mengabarkan jika salah satu dari dua Lansia lumpuh yang bernama Maliyeh (80), sudah meninggal dunia.

Baca Juga:  Hilang Kendali Saat Nyalip di Tikungan, Pemotor Bonceng 3 Jatuh Terpental

“Setelah dikunjungi oleh rombongan dari Sentra Margo Laras Pati kemarin siang, pada malam harinya pukul 19:00 WIB Maliyeh menghembuskan nafas terakhirnya,” terangnya.

“Semoga Almarhumah Husnul Khatimah dan diampuni segala dosanya, serta dilapangkan kuburnya Aamiin,” pungkasnya.

Leave a Reply