Jelang Musim Hujan, Komisi II DPRD Sumenep Desak Pemkab Segera Menyiapkan Strategi Bagi Petani

DBHCHT Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Salah satu anggota DPRD Sumenep, Ach. Naufil MS mendesak Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk segera menyiapkan strategi menjelang musim hujan bagi para petani padi. Salah satunya adalah penyerapan gabah milik petani.

Hal itu dilakukan agar supaya penyerapan gabah milik petani lebih maksimal dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Ach. Naufil, bahwa Pemerintah perlu menyiapkan strategi di jauh-jauh hari agar ketika sudah waktunya tidak lagi kebingungan mencari cara untuk membantu petani pada saat musim panen padi.

Baca Juga:  Empat Pimpinan DPRD Sumenep Definitif Dilantik

“Kebiasaan yang sering terjadi, ketika sudah musim panen harga beras cenderung tak stabil. Nah, ketika itu terjadi, saya rasa Pemkab Sumenep harus hadir untuk membantu petani menyerap gabah. Tentunya dengan harga yang tidak membuat petani rugi,” ujarnya, Minggu (03/10).

Selanjutnya, menurut anggota Komisi II DPRD Sumenep itu menjelaskan, bahwa petani memiliki peranan besar dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di Kabupaten Sumenep. Oleh karena itu pemerintah setempat juga perlu memperhatikan nasib mereka, minimal dengan cara memberikan solusi ketika petani menghadapi persoalan terkait harga gabah yang kerap cenderung rendah.

Baca Juga:  Anda Pecinta Merpati Balap? Yuk Ikuti Lombanya di Kabupaten Sumenep

“Jadi terkait soal itu, pemerintah harusnya yang lebih tahu. Karena urusan teknis, itu sudah merupakan tugas eksekutif,” kata politisi muda tersebut.

Selain penyerapan gabah para petani, pihaknya juga menyinggung terkait penyediaan pupuk pada saat menjelang musim tanam padi, sehingga menurutnya ketika sudah masuk musim tanam para petani tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

“Intinya harapan saya pemerintah harus punya strategi untuk membantu petani. Minimal ketika masuk musim tanam mereka tidak kesulitan mendapat pupuk, kemudian ketika musim panen sudah ada yang bisa dan siap menyerap gabah mereka,” tandasnya.

Baca Juga:  Akhir Desember, 70% Masyarakat Jatim Ditarget Divaksin

Leave a Reply