Tingkatkan Tracing, Seluruh Puskesmas di Sampang Siapkan Rapid Tes Antigen Secara Gratis

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Dalam rangka peningkatan upaya testing dan tracing untuk memutus mata rantai penularan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyiapkan fasilitas rapid tes antigen secara gratis diseluruh puskesmas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Agus Mulyadi mengatakan rapid tes antigen ini sudah disediakan di puskesmas-puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Sampang dengan kuota perhari antara 20 hingga 50 alat rapid antigen.

“Rapid test antigen yang kami sediakan ini untuk kecepatan tracing pasca adanya peningkatan kasus penularan Covid-19 di wilayah Madura, khususnya di Kabupaten Bangkalan,” katanya kepada kontributor suarabangsa.co.id saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (09/06/2021).

Ia mengatakan rapid tes antigen yang tersedia di semua puskesmas tersebut diberikan kepada masyarakat secara gratis. Untuk itu, bagi warga yang memang membutuhkan dipersilahkan memanfaatkan layanan tersebut.

“Jika ada masyarakat Sampang yang ingin melakukan rapid test antigen, bisa mendatangi puskesmas terdekat. Rapid tes antigen ini digratiskan dan tidak dipungut biaya,” tuturnya.

Meski demikian, Agus mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada. Menurutnya, saat ini yang perlu ditingkatkan adalah kewaspadaan adanya potensi sikap lengah dan melonggarnya kedisiplinan masyarakat.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang untuk makin waspada dan terus tingkatkan komitmen bersama demi mencegah penyebaran virus Corona,” imbaunya.

Ia juga meminta agar masyarakat mampu menjadi pelopor kesehatan. Sehingga diharapkan dapat menekan angka kasus aktif Covid-19.

“Ayo selalu terapkan 5M. Mencuci tangan di air mengalir dengan memakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tutupnya.

Baca Juga:  Hari ke-7 Ops Patuh Semeru, Satlantas Polres Sampang Tilang 956 Pelanggar

Leave a Reply