Survei PPI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo Subianto Nomor Dua

Ganjar Pranowo mendapat elektabilitas tertinggi pada survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia sebagai capres potensial tahun 2024 (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

SUARABANGSA.co.id Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo santer dibicarakan untuk maju pada gelran Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang. Banyak pihak yang menilai, Ganjar sebagai Capres Potensial pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pada Survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia baru-baru ini, elektabilitas Ganjar menduduki posisi teratas sebagai Capres Potensial pada Pilpres 2024. Bahkan, nama Ganjar selalu menduduki posisi nomor wahid pada 6 simulasi survei yang dilakukan.

Survei teranyar Parameter Politik Indonesia itu sendiri dilakukan pada tanggal 15-29 Juni 2022 lalu. Pada survei ini, metode penarikan sampel yang digunakan yakni metode multistage random dengan jumlah sampel basis 1.200 orang. Sampel berasal dari dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Sedangkan populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih, yakni warga berusia 17 tahun atau lebih, atau yang sudah menikah saat survei tersebut dilakukan. Survei ini memikiki margin off error (MoE) ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat metode telepolling menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh enumerator terlatih.

Baca Juga:  Hairul Anwar Resmikan Rumah Pemenangan Pilkada Sumenep, Dirinya Target 62 Persen Suara Saat Pilkada

Pada simulasi terbuka, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah ini diangka 25,4 persen, kemudian disusul Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan 19 persen, lalu di posisi ke tiga ada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 17,8 persen, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil 7,9 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 3,4 persen. Sisanya di bawah angka 3 persen.

Kemudian pada simulasi tertutup dengan 14 nama, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 26,8 persen, Peabowo Subianto 21,4 persen, Anies Baswedan 17,8 persen, dan Ridwan Kamil 7,3 persen. Sedangkan sisanya berada pada angka di bawah 4 persen.

Pada simulasi tertutup dengan 10 nama, elektabilitas Ganjar tetap berada pada posisi teratas dengan 27,9 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 22,7 persen, lalu Anies Baswedan 18,0 persen, Ridwan Kamil 8,5 persen, dan Sandiaga Salahudin Uno dengan 4,3 persen. Sisanya berada di bawah angka 3 persen.

Begitupula dengan simulasi tertutup dengan 7 nama, elektabilitas Ganjar tetap pada posisi teratas dengan 28 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 22,4 persen, Anies Baswedan 19,4 persen, dan Ridwan Kamil dengan 8,4 persen. Sisanya berada pada angka di bawah 5 persen.

Baca Juga:  Gelar Halal Bihalal, Gerindra Bojonegoro dan Tuban Bahas Pemenangan Prabowo 2024

Lalu, pada simulasi tertutup dengan 5 nama, elektabilitas Ganjar berada pada angka 30 persen. Posisi kedua yakni Prabowo Subianto dengan 24,3 persen, disusul Anies Baswedan 20,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 7,3 persen, dan Sandiaga Salahudin Uno 5,3 persen.

Sedangkan pada simulasi tertutup dengan 3 nama, Elektabilitas Ganjar tetap berada pada posisi nomor satu. Elektabilitas Ganjar mencapai 32,2 persen, posisi ke dua yakni masih ditempati Prabowo Subianto dengan elektabilitas 26,4 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan diangka 22,3 persen.

“Ganjar Pranowo sementara ini mendapat dukungan tertinggi pada skenario elektabilitas terbuka, elektabilitas 14 nama, 10 nama, 7 nama, 5 nama dan 3 nama,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam konferensi pers seperti dilansir dari Tempo.co, Selasa, 12 Juli 2022.

Kendati berada pada elektabilitas tertinggi dalam survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia ini, Ganjar Pranowo belum tentu menjadi kandidat Calon Presiden pada Pilpres tahun 2024 mendatang. Pasalnya, partai tempat Ganjar bernaung saat ini, PDI Perjuangan belum menentukan sikap siapa Capres yang akan diusung. Belum lagi, Ganjar harus bersaing dengan Puan Maharani, putri Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga:  Cakades Incumbent Vs Cak Imin Akan Berebut Kursi Kades Desa Ketawang Larangan 

Sebenarnya, Partai NasDem melirik Ganjar Pranowo untuk diusung sebagai Capres. Pada rakernas NasDem beberapa waktu lalu, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menyebut tiga nama kandidat yang akan mereka usung sebagai Capres, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Panglima TNI, Andika Prakasa.

Namun demikian, NasDem tidak dapat serta merta mengusung Capres sendiri. NasDem harus membentuk koalisi terlebih dahulu, karena Partai NasDem harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold.

Artikel ini sudah tayang di Tempo.co dengan judul “Survei Parameter: Ganjar Pranowo Raih Elektabilitas Tertinggi dalam Enam Simulasi” (https://www.google.com/amp/s/nasional.tempo.co/amp/1611243/survei-parameter-ganjar-pranowo-raih-elektabilitas-tertinggi-dalam-enam-simulasi)

Leave a Reply