PWI Probolinggo Menggelar Pra UKW

DBHCHT Sumenep

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persiapkan Perwakilan Probolinggo menggelar Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-35 di tengah pandemi Covid-19 di ruang pertemuan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Selasa (5/10/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Wartawan Profesional dan Beretika” ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, Ketua PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo, HA. Suyuti dan Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim sekaligus penguji kompetensi.

Pra UKW ini diikuti oleh 18 orang wartawan yang tergabung dalam PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo sebagai persiapan dan pembekalan bagi para peserta sebelum mengikuti UKW. Dari 18 orang peserta yang bakal mengikuti UKW 2021 Probolinggo terbagi dalam 2 (dua) kelas. Yakni, 6 (enam) orang peserta untuk UKW Kelas Madya dan 12 orang peserta UKW Kelas Muda.

Baca Juga:  Kecelakaan Scoopy dan Mobil Box di Batuan, Balita dan Seorang Gadis Meregang Nyawa

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menyampaikan Pra UKW ini memiliki manfaat yakni untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kompetensi SDM serta profesionalisme wartawan.

“Semoga para peserta dalam mengikuti UKW ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Sementara Ketua PWI Persiapan Perwakilan Probolinggo HA. Suyuti mengungkapkan kegiatan Pra UKW dilakukan untuk mengenalkan tentang UKW diantaranya tentang dasar hukum pelaksanaan UKW sebagai persyaratan kelulusan peserta UKW.

“Termasuk menjelaskan tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Pers yang terdapat dalam salah satu materinya. UKW ini menjadi syarat bagi wartawan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers untuk mengasah dan memastikan wartawan agar supaya memiliki kompetensi dalam bidang jurnalistik,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengunjung Wisata Pantai Camplong Sampang Boleh Masuk dengan Aplikasi PeduliLindungi

Sedangkan Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim menjelaskan kegiatan ini merupakan uji kompetensi bagi wartawan yang sudah menjalani profesinya secara faktual dan obyektif selama beberapa tahun.

“Harapannya para peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan sungguh-sungguh agar supaya memperoleh hasil yang baik dan dapat dinyatakan wartawan yang berkompeten,” harapnya.

Leave a Reply