Semarak Hari Santri Nasional 2021 PC NU Sumenep Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Hingga Lomba Tiktok

DBHCHT Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Dalam upaya menyambut semarak Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Sumenep, gelar festival keagamaan dengan tema ‘bertumbuh, berdaya, dan berkarya’.

Pada kesempatan tahun ini, semarak HSN 2021 itu, dibuka dengan acara Khatmil Quran dengan tujuan mengharapkan berkah dan permohonan kepada Allah dari segala bencana termasuk Covid-19 yang terjadi saat ini.

Grand Opening HSN 2021 juga ditandai dengan pelepasan ratusan balon di halaman Kantor PC NU Sumenep tepatnya yang berlokasi di Jalan Trunojoyo, Gedungan Kolor Sumenep, pada Jum’at 01 Oktober 2021 pukul 14:00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua PC NU Sumenep, Moh Halili, mengatakan bahwa semarak festival keagamaan HSN 2021 itu, diawali dengan Khatmil Quran yang pesertanya dari beberapa khuffadz, diambil dari beberapa Pondok Pesantren.

“Serimonealnya tadi dibuka dengan pelepasan balon, sedangkan untuk lomba akan digelar sejak tanggal 1 sampai tanggal 24 Oktober nanti dan puncaknya tanggal 25 Oktober 2021,” terangnya saat diwawancarai di aula PC NU Sumenep.

Baca Juga:  Halal-Bihalal Virtual, Bupati Pamekasan Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Lain dari pada itu, pihaknya juga menjelaskan beberapa lomba yang akan dilaksanakan nanti, salah satunya lomba membaca kitab kuning, dan tentunya lomba tersebut menyasar ke beberapa santri yang ada di Pondok Pesantren.

Halili juga menjelaskan perihal lomba tersebut, yang nantinya kata dia, lomba pembacaan kitab kuning akan dibagi menjadi tiga tingkat, yakni tingkat pemula, menengah, dan tinggi.

“Untuk tingkat pemula, membaca kitab Takrib, untuk tingkat menengah membaca kitab Fathul Qorib, dan yang tertinggi membaca kitab Fathul Mu’in,” jelasnya.

Selain menjelaskan hal di atas, Halili juga membeberkan perihal pelaksanan lomba tersebut yang akan banyak dilakukan secara Daring, mengingat HSN kali ini masih ada di tengah-tengah Pandemi Covid-19.

“Kecuali nanti di finalnya, nanti di grand final kita akan panggil semua yang menang nominator di setiap perlombaan, kita akan laksanakan secara tatap muka,” ungkapnya.

Baca Juga:  Aiptu Sumilak Ciptakan Sistem Sosial Kondusif, Kapolda Jatim Beri Apresiasi

“Mari kita sambut kegiatan Hari Santri ini dengan sikap heroisme para santri-santri dulu, mari kita jihad, lawan kebodohan, dan ciptakan ekonomi mandiri,” tutupnya.

Pada semarak HSN tahun 2021 ini terdapat belasan lomba yang akan dilaksakan oleh PC NU Sumenep dari lomba pembacaan kitab kuning hingga lomba kekinian, yaitu lomba Tiktok dakwah.

Berikut daftar rentetan Festival Keagamaan semarak HSN 2021 PC NU Sumenep, juga berikut tanggal pelaksanaannya:

1. Lomba Sholawat Mubadalah, Pelaksanaan : 23 September – 12 Oktober 2021

2. Lomba Tiktok Dakwah, Pelaksanaan : 1 -15 Oktober 2021

3. Lomba Fotografi Pelaksanaan : 1 – 15 Oktober 2021

4. Sekolah Kesehatan, Hari & Tanggal : Ahad, 3 Oktober 2021

5.Pelatihan Tajhizul Janazah An-Nahdliyyah, Pelaksanaan, Hari & Tanggal : Sabtu, 9 Oktober 2021

6. Lomba Baca Kitab Kuning, Pelaksanaan Hari & Tanggal : Rabu, 13 Oktober 2021

Baca Juga:  Tim Relawan Merah Putih Minta Kepolisian Usut Pengrusak Benner Fauzi-Eva

7. Pelatihan Shalat Sempurna An-Nahdliyyah, pelaksanaan, Hari & Tanggal : Sabtu, 9 Oktober 2021

8. Diklat Penelitian Kualitatif, pelaksanaan Hari & Tanggal : Sabtu, 16 Oktober 2021

9. Maulid Nabi dan Istighotsah Santri Serentak tingkat PRNU, pelaksanaan Pelaksanaan : 18 – 20 Oktober 2021

10. Maulid Nabi dan Istighotsah Santri Serentak tingkat PRNU, pelaksanaan Pelaksanaan : 18 – 20 Oktober 2021

12. Maulid Nabi dan Istighotsah Santri Serentak Pimpinan Cabang Banom NU, pelaksanaan Hari & Tanggal : Ahad, 24 Oktober 202

13. Maulid Nabi, Istighotsah Santri, dan Resepsi HSN 2021, pelaksanaan, Hari & Tanggal : Senin, 25 Oktober 2021

Leave a Reply