Pamekasan Bakal Beri Bantuan 4.811 Buruh Tani Tembakau

DBHCHT Sumenep

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Sebanyak 4.811 buruh tani tembakau yang ada di Kabupaten Pamekasan bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Pamekasan, Sri Puja Astuti.

Menurutnya, bantuan yang dikucurkan pemerintah daerah itu guna menambah semangat para petani.

Selain itu, juga dapat mensejahterakan para buruh tani tembakau, serta bisa membantu meringankan beban hidup dan bisa memenuhi kebutuhan hidup bagi para petani.

Baca Juga:  Dinsos Pamekasan Bantu Keluarga Warga Penerima RTLH

“BLT itu diperuntukkan bagi buruh tani dan buruh pabrik rokok yaitu sebesar Rp 22,5 M. Namun, sejauh ini jumlah penerima BLT itu ada sekitar 4.811 dari Buruh Tani dan 2.600 dari Buruh Pabrik Rokok,” kata Sri Puja Astutik.

Astuti mengatakan, bahwa bantuan langsung tunai tersebut diberikan selama 6 bulan ke depan. Semisal nanti anggarannya melebihi, maka bantuan akan dilanjutkan ke bulan berikutnya.

“Kami antisipasi hal tersebut dengan memberikannya selama 6 bulan ke depan, dan kita lihat dulu untuk jumlah sasarannya,” tuturnya.

Baca Juga:  Turut Cegah Covid-19, 500 Masker Dibagikan Forum Pemuda Batuputih

Dia berharap ditengah pandemi Covid-19 ini, bantuan tunai itu dapat meringankan beban para petani, sehingga para petani yang ada bisa merasakan kepedulian Pemerintah terhadap mereka.

Sekedar diketahui, 4.811 penerima itu telah melalui verifikasi dan validasi (verval) dari Dinas terkait, dari yang awalnya berjumlah sebanyak 20 ribuan peserta.

Leave a Reply