Babinsa Desa Kayen Dampingi Tim Puskesmas Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk

PATI, SUARABANGSA.co.id – Di musim penghujan seperti ini tentunya banyak sekali berbagai sarang nyamuk untuk berkembang biak, demi mengurangi atau menurunkan populasi nyamuk di desa binaannya.

Babinsa Koramil 04/Kayen Serka Slamet Babinsa Desa Kayen bersama Babinkamtibmas mendampingi Tim Dinas dari Puskesmas Kayen dalam rangka Pembrantasan sarang nyamuk.

Sementara itu, Supriyanto S. Kes mengatakan mengatakan kegiatan ini memang sangat perlu dilakukan karena dengan diadakannya kegiatan ini warga dapat peduli serta merubah pola hidup mereka sehari-hari, serta akan berpikir dua kali apabila tidak menjaga kebersihan lingkungan dan rumahnya.

Baca Juga:  Polsek Kerembangan Tindak Tegas 380 Pengendara

Strategi dalam menekan penyebaran penyakit dengan perantara nyamuk ini adalah dengan menggiatkan gerakan 3 M Plus di sekitar rumah tangga yaitu dengan,

“Menguras dan menyikat penampungan air secara rutin setiap minggu lalu menutup rapat penampungan air serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air atau mengubur dan menyingkirkan barang bekas yang bisa menampung air,” ucapnya.

Ditambahkannya ada beberapa jenis tanaman yang dapat menghalau nyamuk dari rumah yaitu selasih, lavender dang uranium, tanaman tersebut di dekat jendela atau tempat yang yang bisa dijadikan akses masuk ke rumah oleh nyamuk.

Baca Juga:  Latihan Posko 1 Kodim Pati Resmi Ditutup

Dalam hal ini Serka Slamet menyampaikan upaya pemberantasan hanya dapat berhasil apabila seluruh masyarakat berperan secara aktif dan merupakan bagian yang paling penting dari keseluruhan upaya pemberantasan DBD selain itu peran kader JUMANTIK sangat dibutuhkan untuk mengecek kondisi pemukiman warga dari jentik nyamuk DBD.

Lebih lanjut babinsa mengharapkan kepada seluruh warga mari kita jaga kebersihan dilingkungan.

“Karena mulai terjadinya kasus Demam berdarah, mari kita mengambil langkah cepat dengan PSN untuk memutus rantai kehidupan nyamuk bisa menularkan demam berdarah tersebut,” harap Babinsa.

Leave a Reply