Tampil Mengejutkan, Begini Kronologi Jepang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Selebrasi pemain timnas Jepang, Ao Tanaka (kiri) usai menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Julio Cortez/istimewa)

SUARABANGSA.co.id – Secara mengejutkan, Tim Nasional Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar piala dunia 2022. Manisnya lagi, Jepang lolos sebagai juara grup E yang dihuni tim-tim raksasa.

Sedari awal, kekuatan tim asal Asia Timur tersebut sebenarnya banyak pihak yang meremehkan. Banyak yang memprediksi Jepang tidak akan mampu berbicara banyak pada piala dunia yang digelar di Qatar ini.

Semua itu bukan tanpa alasan, Jepang tergabung dalam grup E yang dihuni klub-klub raksasa seperti Spanyol dan Jerman. Seperti diketahui, Spanyol banyak dihuni pemain-penaim bintang. Spanyol menjadi salah satu kiblat sepak bola dunia. Bahkan, Spanyol menjadi juara piala dunia edisi 2010 di Afrika Selatan.

Samahalnya dengan Spanyol, Jerman juga dihuni pemain-pemain kelas atas Eropa. Pada piala dunia 2014 di Brazil, Der Panzer bahkan keluar sebagai juara. Seperti halnya Spanyol, dalam dunia sepak bola, Jerman juga menjadi pusat perhatian dengan Bundes Liganya.

Selain Spanyol dan Jerman, negara lain yang satu grup dengan Jepang adalah Kosta Rika. Kosta Rika disebut sebagai tim kuda hitam. Pada piala dunia 2014, Kosta Rika membuat kejutan dengan mencapai fase semi final. Kendati demikian, banyak yang menjagokan Spanyol dan Jerman-lah yang akan lolos ke fase knock out. Bukan Jepang ataupun Kosta Rika.

Baca Juga:  Gol Telat Casemiro Bawa Brazil ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Namun, semua itu dipatahkan oleh Jepang. Faktanya, Jepang-lah yang lolos ke babak 16 besar, bahkan sebagai juara grup E didampingi Spanyol yang hanya mampu sebagai runner-up. Parahnya lagi, Jepang justru mampu mengangkangi tim-tim raksasa tersebut.

Selebrasi pemain timnas Jepang, Ritsu Doan usai menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Kronologi Jepang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Kalahkan Jerman Dengan Dilaga Perdana

Pada pertandingan pertama, 23 November 2022, Jepang sudah harus bertanding dengan Jerman, juara Piala Dunia 2014 di Brazil. Banyak yang memprediksi Jepang akan denhan mudah dikalahkan Jerman.

Namun, kejutan malah terjadi. Jepang justru berhasil membungkam Jerman dengan skor tipis 1-2. Sempat tertinggal lebih dulu lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan dimenit 33, Jepang berhasil comeback dibabak kedua.

Memasuki menit ke 75, Jepang berhasil menyamakan kedudukan lewat pemain pengganti Ritsu Doan. Tak lama berselang, Jepang kembali membobol gawang Manuel Neuer melalui Takuma Asano dimenit 83. Jepang berhasil meraih 3 poin dari Jerman.

Tumbang Dari Kosta Rika

Dilaga kedua, Jepang tidak dapat mengulangi kesuksesan seperti kala mengalahkan Jerman. Melawan Kosta Rika, Jepang justru takluk dari Kosta Rika 0-1. Pemain Kosta Rika, K. Fuller Spence membobol gawang Shuichi Gonda pada menit 81.

Baca Juga:  Banyak Tingkah Bela LGBT, Jerman Akan Tersingkir Dini di Piala Dunia 2022?

Kekalahan atas Kosta Rika ini membuat Jepang berada diposisi kedua klasmen semtara grup E di bawah Spanyol. Pada saat itu, Spanyol di posisi puncak dengan 4 poin, disusul Jepang dengan 3 poin, kemudian Kosta Rika diposisi tiga juga dengan 3 poin, dan Jerman di posisi juru kunci dengan 1 poin.

Kalahkan Spanyol Dilaga Penentu

Pertandingan melawan Spanyol merupakan pertandingan hidup mati bagi Jepang. Jepang harus memenangkan pertandingan agar bisa lolos ke babak 16 besar tanpa harus bergantung pada hasil pertandingan Jerman vs Kosta Rika.

Pada pertandingan ini, sudah menjadi sesuatu yang pasti, banyak pihak menjagokan Spanyol yang akan keluar sebagai pemenang. Namun, lagi-lagi hal tersebut berhasil dipatahkan oleh Jepang. Jepang justru berhasil mengalahkan Spanyol 2-1.

Pada awal pertandingan, kemenangan Spanyol seperti akan menjadi suatu kenyataan. Belum genap laga berjalan 15 menit, Alvaro Morata sudah berhasil membobol gawang Jepang di menit 11 lewat sundulannya setelah memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta.

Sepanjang laga, Spanyol memang menguasai pertandingan. Terbukti, diakhir pertandingan, Spanyol menguasai bola hingga 82 persen. Begitupupa Shot on Target dan Shot off Target dimenangkan Spanyol.

Namun siapa sangka, Jepang justru berhasil membobol gawang Spanyol dimenit 48. Tendangan karas kaki kiri Ritsu Doan tidak bisa ditepis dengan baik oleh Unai Simon, skor sementara 1-1. Tak berselang lama, Jepang kembali membuat kejutan dengan membuat Unai Simon kembali memungut bola dari gawangnya dimenit 51. Skor 2-1 berakhir hingga pluit akhir dibunyikan.

Baca Juga:  Jokowi Kunjungan ke Luar Negeri, Pemerintahan Sementara Dipimpin Wapres
Selebrasi sejumlah pemain timnas Jepang usai Ao Tanaka menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Darko Vojinovic)

Lolos dengan Status Juara Grup E

Meski sempat dipandang sebelah mata karena satu grup dengan tim-tim raksasa, Jepang justru membuat kejutan dengan mengalahkan calon-calon juara. Jepang melibas Jerman dan Spanyol dengan skor sama yakni 2-1.

Diakhir fase penyisihan grup, Jepang keluar sebagai juara grup dan berhak melaju ke babak 16 besar. Jepang berhasil mengumpulkan 6 poin dari dua kali menang dan satu kali kalah. Jepang mengungguli perolehan Kosta Rika, bahkan Spanyol dan Jerman

Klasmen Akhir Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia 2022

1. Jepang :  6 poin dan selisih gol +1
2. Spanyol : 4 poin dan selisih gol +6
3. Jerman : 4 poin dan selisih gol +1
4. Kosta Rika : 3 poin dan selisih gol -8

Leave a Reply