Sebanyak 366 Siswa di Probolinggo Peringati HKGI

- Admin

Selasa, 13 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Dalam Rangka memperingati hari Kesehatan Gigi Indonesia (HKGI) sebanyak 366 Siswa dan siswi SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mengikuti giat Sikat Gigi massal yang digelar Oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sabang Probolinggo Senin (12/09/2022).

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan praktek sikat gigi yang benar. Selanjutnya guru-guru diberikan training sehingga nantinya bisa memberikan pengarahan kepada muridnya.

Selain itu, siswa dan siswi diberikan kalender supaya bisa melaksanakan sikat gigi yang benar pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur selama 21 hari.

Sikat gigi massal ini disambut antusias oleh siswa dan siswi SDN Patokan 1. Terlebih mereka mendapatkan sikat dan pasta gigi secara gratis. Selanjutnya mereka melakukan sikat gigi massal secara berkelompok dengan didampingi oleh guru kelas dan dokter gigi.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Sebut BNI Cabang Sampang Tidak Memanusiakan Nasabah

Kegiatan ini dihadiri oleh 11 orang anggota PDGI Cabang Probolinggo, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti dan Kepala SDN Patokan 1 Sri Hardatin bersama sejumlah guru.

Kepala SDN Patokan 1 Sri Hardatin menyambut baik kegiatan sikat gigi massal yang digelar oleh PDGI Cabang Probolinggo dalam rangka memperingati HKGI.

Karena secara otomatis, sekolah bisa mendapatkan ilmu tentang cara sikat gigi yang benar dan manfaatnya dengan rutin sikat gigi. Harapannya nanti mempunyai gigi yang bersih, sehat dan kuat.

“Kami dari lembaga menyampaikan terima kasih karena mendapatkan kepercayaan kegiatan sikat gigi massal dan menjadi bagian dari peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional. Tujuannya untuk membiasakan anak-anak untuk sikat gigi setiap hari bersama keluarga,” katanya.

Baca Juga:  Petani Probolinggo Mendapat Pelatihan Pengolahan Rimpang Jahe

Menurut Sri Hardatin, kegiatan sikat gigi massal ini merupakan salah satu pendidikan karakter anak berupa pembiasaan hidup sehat dan bersih, terutama pada gigi dan mulut. Kebetulan selama ini di sekolah sudah rutin ada kegiatan pembiasaan sikat gigi pada siswa dan siswi baik dari UKS maupun pelajaran dari olahraga.

“Harapan kami dari kegiatan ini ada tindak lanjut dari dokter gigi puskesmas dengan memprogramkan melakukan kunjungan ke sekolah untuk memeriksa gigi anak secara berkala. Jika ada anak yang mempunyai gigi yang bermasalah bisa cepat tertangani,” harapnya.

Sementara Ketua PDGI Cabang Probolinggo drg.Luluk Muyassaroh, M.Kes menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional tahun 2022 dengan tujuan mencapai Indonesia bebas karies pada tahun 2030 dan menggiatkan kembali Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Baca Juga:  Anggota DPRD Sumenep Tetap Lakukan Reses Dalam Situasi Pandemi Covid 19

“Harapannya mampu menciptakan perubahan perilaku pada siswa dan siswi untuk hidup bersih dan sehat dengan rajin sikat gigi yang benar di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur,” katanya.

Selain di SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di SDN Sukokerto 1, MI NU Kraksaan, SD IT Permata Kota Probolinggo, SD Muhammadiyah Plus Kota Probolinggo, SDN Kedopok 1, SDN Pakistaji serta MI Riyadus Solihin.

“Total sasaran sikat gigi masal di Kabupaten/Kota Probolinggo ini mencapai 2.501 siswa dengan target Pengurus Wilayah PDGI Jawa Timur sebanyak 2.000 siswa,” pungkasnya.

Berita Terkait

Oknum Guru di Bojonegoro Berbuat Cabul, Pengurus Yayasan Minta Maaf
Dampak Gempa di Tuban, Warga Sampang Rasakan 2 Kali Guncangan
Bojonegoro Diguncang Gempa, ASN di DPRD Berhamburan Keluar Gedung
Pj Bupati Bojonegoro Soroti Fenomena Perang Sarung
Diduga Akan Perang Sarung, Dua Pelajar Ditangkap Linmas Desa Tanjungharjo Bojonegoro
Peresmian Gedung At Ta’awun Tower UM Surabaya di Gadang Sebagai Kampus Tertinggi di Jatim
Jaga Kesehatan Jelang Bulan Puasa, Camat Torjun Gelar Senam Bersama
Ledakan di Asrama Satuan Brimob Polda Jatim Surabaya, Diduga 2 Anggota Polisi Menjadi Korban

Berita Terkait

Jumat, 15 Maret 2024 - 15:48 WIB

Disperindag Kabupaten Pamekasan Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan

Jumat, 15 Maret 2024 - 13:19 WIB

Marhaban Ya Ramadhan

Rabu, 20 Desember 2023 - 18:23 WIB

Pj. Bupati Bojonegoro Launching Gerakan Suka Menanam, Ajak Warga Gemar Menanam

Rabu, 13 Desember 2023 - 09:31 WIB

National Hospital Surabaya Resmikan Excellent Center Tepat di Hari Ultah Ke-11

Kamis, 2 November 2023 - 01:39 WIB

MTU dan Bayer Ajak Petani 3 Kabupaten Kabupaten di Jawa Timur Sukses tanam Jagung

Rabu, 1 November 2023 - 03:58 WIB

Proyek Dinas Perkim Tapsel Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi, Pemerhati Pembangunan Minta Bupati Tegur Kadis

Jumat, 13 Oktober 2023 - 23:26 WIB

Menuju Re-Akreditasi, UPT Puskesmas Hutaraja Tapsel Terus Perbaiki Kualitas Pelayanan

Rabu, 13 September 2023 - 20:08 WIB

Kembali Hadir, GIIAS Surabaya 2023 Hadirkan Puluhan Model Kendaraan Terbaru

Berita Terbaru

Hukrim

Polres Pamekasan Tangkap 4 Orang Pembuat Mercon Racikan

Senin, 25 Mar 2024 - 19:46 WIB