Hanya Lima Bulan, Ditresnarkoba Polda Jatim Berhasil Ungkap Ratusan Kilogram Narkoba

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Polda Jatim berhasil mengungkap peredaran narkoba ratusan kilogram selama 5 bulan terakhir, atau memusnahkan seberat 236 kilogram sabu serta narkoba jenis lainya, Pemusnahan itu dilakukan di halaman utama Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (25/8/2022).

Diresnarkoba Polda Jatim, Kombes Arie Ardian Rishadi mengungkapkan ratusan kilogram barang haram tersebut merupakan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika selama 5 bulan terakhir, sejak April lalu.

Dari pengungkapan itu Arie mengatakan, ada beberapa kasus menonjol karena melibatkan jaringan internasional. Salah satu yang terbesar adalah sabu seberat 90,7 kilogram yang diedarkan dari Kamboja – Malaysia. Selain sabu, sindikat ini juga membawa 13,6 kilogram ganja.

Baca Juga:  Sopir Kurang Konsentrasi, Truk Tronton Molen Hantam Daihatsu Xenia

“Mereka masuk melalui Provinsi Riau lalu ke Palembang, Jakarta, dan menuju Surabaya dengan 7 orang tersangka,” ujar Arie di hadapan awak media.

Kemudian hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika oleh Polresta Malang Kota dikatakan Arie, juga termasuk kasus besar yang berhasil ditorehkan. Sebanyak 20,85 kilogram sabu dengan 3 orang tersangka dari jaringan Malaysia telah diamankan.

“Modus operandinya dengan dimasukkan kedalam door trim mobil jenis Grid Corola yang dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” lanjut dia.

Arie kembali bilang selain di wilayah-wilayah itu, beberapa Polres seperti Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Polresta Sidoarjo juga termasuk diantara yang sukses menggagalkan peredaran narkotika dalam jumlah besar.

Baca Juga:  Bangun Sinergitas dalam Pemberantasan Narkotika di Jatim

Hal itu menurutnya, sesuai dengan arahan pimpinan kepada jajaran untuk perang melawan Narkoba di Jawa Timur.

Berdasar data yang diterima, terdapat beberapa jenis narkotika turut dimusnahkan dengan menggunakan alat insenerator. Antara lain, ekstasi 11.061 butir, obat keras sebanyak 16,8 juta butir serta ganja seberat 67,26 kilogram.

Leave a Reply