Lestarikan Hewan Langka, Pokmaswas Reng Paseser Melepas Puluhan Anak Penyu

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Dalam rangka ikut melestarikan Penyu yang ada di Dunia khususnya di Indonesia, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Reng Paseser melepas puluhan Anak Penyu, pada senin (01/08/2022) pagi.

Berawal dari laporan penjaga Pantai sembilan, Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur, bahwasanya ada Penyu yang bertelur, maka Pokmaswas Reng Paseser bergegas untuk mengevakuasi telur itu ketempat yang lebih aman, agar nantinya bisa menetas dan menjadi Penyu.

Bertepatan tanggal 1 Agustus yang merupakan bulan Kemerdekaan Negara Indonesia, puluhan Anak Penyu itu dilepas ke Lautan bebas, oleh Pokmaswas Reng Paseser, didukung oleh Dinas Kehutanan Cabang Dinas Sumenep, BKSDA, Pemdes Baringsan serta Relawan KPMM.

Baca Juga:  Bersama Yayasan Cahaya Ummat Pamekasan, BIN Jawa Timur Gelar Vaksinasi Tahap II

“Agar Anak Penyu itu bisa merasakan kemerdekaan dan kebebasan juga,” kata Fadel Abu Aufa Sekretaris Pokmaswas Reng Peseser Sumenep.

Dalam kesempatan itu Fadel juga berpesan kepada Nelayan dan Masyarakat sekitar Pantai Sembilan, jika bertemu dengan baik anak penyu maupun indukannya, agar tidak menangkap dan memperjual-belikannya.

“Selain karena habitat Penyu agar tidak punah, juga karena mereka adalah Hewan Laut yang dilindungi oleh Negara,” harapnya.

“Ayo kita bersama-sama peduli dan ikut menjaga Hewan Laut yang dilindungi oleh Negara, agar ekosistem Laut tetap terjaga,” imbuh Fadel.

Baca Juga:  Apel Operasi Patuh Semeru 2019, Polda Jatim Terjunkan 1013 Personel
Temukan Kami: