Jenazah PMI Asal Jrengik Sampang yang Meninggal di Malaysia Tiba di Rumah Duka

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Jenazah Aruman (52) seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal dunia di Negeri Malaysia beberapa waktu lalu, akhirnya tiba di rumah duka di Dusun Bendungan, Desa Jungkarang, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur pada Rabu (17/03/2021) sekitar pukul 09.30 WIB.

Berdasarkan informasi suarabangsa.co.id, pemulangan jenazah almarhum ini dibantu oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Serang yang bekerjasama dengan BP2MI Pamekasan serta Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP Naker) Kabupaten Sampang.

Plt Kabid Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja DPMTSP Naker Kabupaten Sampang, Agus Sumarso mengatakan, kepulangan jenazah almarhum PMI tersebut difasilitasi oleh BP2MI Serang yang bekerjasama dengan BP2MI Pamekasan dan DPMTSP Naker Sampang dari Jakarta hingga ke rumah duka.

“Hari ini kami berkoordinasi dengan BP2MI Serang untuk melakukan penjemputan dan sekaligus juga mengantarkan ke rumah duka di kampung halamannya. Biaya kepulangan jenazah almarhum semuanya ditanggung oleh pemerintah Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, almarhum terkena stroke ketika masih berada di Malaysia. Pada saat itu, Aruman mengalami sesak nafas dan tidak sadarkan diri, kemudian dibawa ke salah satu klinik di negara setempat.

“Kematian almarhum disebabkan akibat penyakit darah tinggi dan stroke,” ungkapnya.

Ia mengharapkan kepada para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) bila berniat bekerja ke luar negeri agar dilaksanakan secara prosedural yang terlindungi dan bermartabat. PMI merupakan pahlawan devisa negara yang dilindungi oleh hukum.

“Kami Pemkab Sampang mengimbau kepada calon PMI yang hendak bekerja ke luar negeri harus melalui jalur resmi, sebab bilamana ada permasalahan di tempat kerja, pemerintah Indonesia bisa membantu dan juga melindungi yang bersangkutan,” tandasnya.

Baca Juga:  Jika Tidak Koperatif, Polda Jatim Akan Tetapkan Veronica Jadi DPO

Leave a Reply