Jatim Terima 77.760 Vaksin Covid-19, Hari Ini Tiba di Surabaya

Kendaraan pengangkut Vaksin-19 milik PT Bio Farma Jawa Barat saat berada di kantor Dinas Kesehatan Pemprov Jatim dengan pengawalan dari pihak Kepolisian

SURABAYA, SUARABANGSA.co.id – Vaksin Covid-19 yang di produksi Sinovac dari PT Bio Farma Jawa Barat akhirnya tiba di kantor Dinas Kesehatan Pemprov Jatim Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Sebanyak 77.760 vaksin senilai Rp 16,429,288,320.

Vaksin Covid-19 yang diangkut dengan menggunakan dua mobil box milik PT Bio Farma berplat nomor D 8331 FI dan B 9515 BCG langsung bergerak menuju halaman belakang kantor Dinas Kesehatan Pemprov Jatim untuk memindahkan muatan ke dalam sebuah gudang farmasi.

“Imunisasi yang sudah kita tunggu tadi, dua jam yang lalu. Sudah sampai di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Jumlah yang kami terima ada 77.760 (vaksin),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim, Herlin Ferliana, Senin (4/1/2021).

Herlin mengatakan, jumlah vaksin yang diterima tersebut lebih sedikit dibanding kuota awal yang semestinya 316.000 vaksin. Menurutnya, Hal itu akibat adanya perubahan skema penyaluran vaksin oleh pemerintah pusat, dimana sebelumnya vaksin hanya diberikan bagi tujuh provinsi di Indonesia dengan angka kasus positif Covid-19 tinggi.

“Tetapi kebijakan yang baru ini seluruh provinsi mendapat. Sehingga mungkin nanti ada penerimaan tahap I, tahap II dan seterusnya sesuai dengan prioritas yang diberikan,” lanjutnya.

Herlin menambahkan, puluhan ribu vaksin yang diterima itu hanya diperuntukkan bagi pihak yang bekerja pada fasilitas layanan kesehatan karena memiliki resiko paling besar tertular virus Covid-19. Seperti tenaga medis, sopir ambulan hingga cleaning service.

“Pemberian vaksin ini sekali lagi saya katakan, untuk SDM, sumber daya Manusia kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan atau di Dinas Kesehatan,” katanya.

Berdasar data yang masuk, Herlin menyebut ada 193.000 orang yang bekerja pada fasilitas kesehatan di seluruh Jawa Timur. Mereka inilah kata dia, yang mendapat prioritas vaksinasi Covid-19. Dimana vaksinasi akan dilakukan di setiap kabupaten/kota dengan menunjuk salah satu fasilitas kesehatan yang memenuhi kriteria untuk melakukan imunisasi.

“Jadi tidak seluruhnya (rumah sakit), rumah sakit-rumah sakit yang memenuhi sarana dan prasarana dan SDM itu yang akan didaftar oleh Dinas Kesehatannya (Kabupaten/Kota),” pungkasnya.

Sebelumnya kendaraan tersebut mendapatkan pengawalan ketat dari anggota kepolisian bersenjata lengkap juga pengawalan menggunakan kendaraan Baracuda Sat Brimob bahkan mobil patroli milik Sat Lantas Polda Jatim.

Baca Juga:  Kapolda Jatim Lakukan Penanaman Pohon

Leave a Reply