Komunitas Forum Aktor Sumenep Lolos Kurasi Pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022

Penampilan teater Komunitas Forum Aktor Sumenep (Foto: Latif)

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Sebanyak 6 (enam) komunitas teater di Jawa Timur dinyatakan lolos kurasi pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022. Komunitas Forum Aktor Sumenep (FAS) menjadi satu-satunya grup teater di Madura yang lolos kurasi.

Pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022 itu digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Jatim (TBJ).

Ada tiga kurator yang menyeleksi karya yang dikirim dari masing-masing grup teater se-Jawa Timur, di antaranya, Deni Tri Arianti, S.Sn., M.Hum., sebagai kurator 1, Arif Hidayat, S.Sn., M.Pd., kurator 2, dan Hendra Cipta, kurator 3.

Sedangkan 6 (enam) komunitas teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi adalah :

Baca Juga:  Pengurus PBVSI Jawa Timur Dilantik, Ini Posisi Irjen Pol Luki Hermawan

1. Swarung Seni, Kota Surabaya dengan judul karya ‘Pita Kaleng’.
2. Forum Aktor Sumenep, Kabupaten Sumenep dengan judul karya ‘Nomenklatur’.
3. IB CREATIVE ART, Kota Surabaya dengan judul karya ‘Tarasmara’.
4. Bengkel Seni Manyar Jaya, Kota Surabaya dengan judul karya ‘HONG’
5. Teater Komunitas, Kota Malang dengan judul karya ‘Asmarasongko/Panjul’.
6. Teater Nusa, Kabupaten Gresik dengan judul karya ‘Senja Putih’

Sutradara Forum Aktor Sumenep, Firman Ihcanul Akmal mengatakan bahwa FAS menjadi satu-satunya perwakilan Madura.

“Alhamdulillah Forum Aktor Sumenep (FAS) lolos kurasi dan menjadi satu-satunya perwakilan di Madura yang lolos,” terang Firman Ihcanul Akmal, Senin (14/11/2022).

Baca Juga:  Kampung Organik Tertek Pare Wakili Jatim Untuk Ketahanan Pangan Gizi

Pria yang akrab disapa Firman ini mengatakan bahwa untuk lolos kurasi pada pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022 ini bukan hal yang mudah. Butuh latihan dan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari.

“Tidak mudah sampai ke tahap ini. Butuh perjuangan dan latihan yang ekstra dan berdarah -darah. Apalagi ini tingkat Jawa Timur, bukan hanya se Madura,” imbuhnya.

Metode yang diimplementasikan setiap kali latihan adalah olah tubuh, olah suara, dan pengenalan peran menjadi aktor sesuai isi naskah.

Selain itu, menguasaan peran dan adegan setiap step-stepnya dilatih keras dan detail hingga sempurna. Sebab, pentas teater bukan serupa adegan pembuatan film yang bisa di ‘Cut’ ketika ditemukan celah atau cacat adegan.

Baca Juga:  Pertahankan Sapi Lokal, DKPP Sumenep Canangkan Program Lu Ganteng Pa

“Detail dan disiplin itu jadi prioritas kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, Forum Aktor Sumenep bersama 5 komunitas teater lainnya di Jawa Timur yang lolos kurasi pada gelaran Parade Teater Jawa Timur 2022 akan tampil di Gedung Cak Durasim Surabaya, pada tanggal 18-19 November 2022.

Leave a Reply