Gagal Curi Sapi di Area Persawahan, Warga Kalianget Timur Ini Diciduk Polisi

DBHCHT Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Polsek Kalianget, Kabupaten Sumenep, berhasil mengungkap tindak pidana pencurian sapi, yang dilakukan Kusuma Irawan (33) warga warga Gresik Putih Barat Desa Kalianget Timur Kecamatan Kalianget Sumenep, Jum’at (05/11/2021) sekitar pukul 09:00 WIB.

Tindak pidana pencurian tersebut dilakukan di area persawahan sekitar makam Asta Gumok Brambang yang berlokasi di Desa Kalimook Kecamatan Kalianget Sumenep, oleh pelaku.

Pada saat menjalankan aksinya, pelaku melakukan dengan cara mengambil ikat tali tampar yang mengikat ke kepala yang sebelumya diikat di area persawahan, lalu dibawa pelaku dengan cara dituntun ke arah selatan menuju jalan raya yang, dan hendak dijual ke pasar ternak Bangkal Sumenep.

Baca Juga:  Tabrak Fuso Sedang Parkir di Jalan Raya Jrengik Sampang, Kernet Pick Up Grand Max Tewas

Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menjelaskan, bahwa pada saat sebelum dilaporkan ke Polsek Kalianget, anggota Polsek Kalianget sedang melaksanakan Patroli di wilayah Kalianget, tiba-tiba sekitar pukul 09:30 WIB anggota mendapat telpon dari warga Desa Kalimook, bahwa beberapa warga telah mengamankan seorang laki-laki yang diduga melakukan tindak pidana pencurian sapi, dan saat itu pelaku telah diamankan oleh massa di Balai Desa Kalimook.

“Dari keterangan korban, Ahmad Fauzi warga Dusun Brambang Desa Kalimook Kecamatan Kalianget Sumenep, membenarkan kejadian tersebut bahwa pelaku hendak mencuri sapi miliknya yang diangon di area persawahan dekat Asta Gumok,” terang Widiarti, Jum’at (05/11/2021).

Baca Juga:  Sakit Komplikasi, Warga Kepung Kediri Ditemukan Gantung Diri

Sebelumnya, menurut keterangan saksi, Eni Widiyowati dan Heni bahwa pelaku sempat ditegur pada saat diketahui menuntun sapi dari area persawahan ke jalan raya, namun pelaku dengan santainya menjawab bahwa sapi tersebut hendak dijual ke pasar hewan Bangkal.

Dicurigai bahwa sapi tersebut bukan milik pelaku, akhirnya kedua saksi segera menelpon Faisal Rizal dan Sulaiman yang pada saat itu masih berada di undangan perkawinan.

“Maka Faisal dan Sulaiman segera mendatangi lokasi yang dilaporkan kedua saksi yang meneleponnya,” lanjut Widiarti.

Setelah diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya, bahwa telah mencuri hewan ternak milik Ahmad Fauzi dan hendak dijual untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  Sat PJR Ditlantas Polda Jatim 'Plototi' Simpang Tiga Rel KA Singosari Malang

“Dari pelaku diamankan beberapa barang bukti berupa seekor sapi betina berbulu coklat berumur 3 tahun dan dalam keadaan mengandung, dan seutas tali warna hijau panjang 5 meter, serta 1 unit sepeda motor Yamaha Mio warna merah berplat M 5175 VZ, Pasal yang disangkakan terhadap pelaku Pasal 363 ayat (1) ke 1e KUH Pidana,” pungkasnya.

Leave a Reply