Melalui Puskesmas Pademawu, Pemkab Pamekasan Berikan Vaksin Sinovac Untuk Lansia

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Pandemi Covid-19 masih berlanjut hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas kesehatan dan Puskesmas, terus gencar melaksanakan Vaksinasi kepada masyarakat, khususnya Pamekasan.

Salah satunya di Puskesmas Pademawu, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, hari ini melaksanakan Vaksinasi untuk Lanjut Usia (Lansia) rabu (02/06/2021) pagi.

Pelaksanaan Vaksinasi dilaksanakan selama empat hari pelayanan, dimulai pada hari Senin hingga Kamis, kecuali jika bertepatan dengan tanggal merah, maka akan diganti dengan hari Sabtunya.

Tidak hanya untuk Lansia saja, akan tetapi Puskesmas Pademawu juga melayani vaksinasi terbuka untuk Publik, seperti Guru dan lainnya.

Penanggung jawab pelaksana Vaksin Covid-19 dokter Jeni mengatakan, jenis vaksin yang diberikan kepada para lansia yang mengikuti vaksin adalah jenis Sinovac.

“Dalam sehari kita melayani sebanyak 40 Lansia untuk di Vaksin,” tutur Jeni.

Ditanya terkait secrening dokter Jeni mengatakan sesuai dengan cek list visioner, jika lolos dari skrining tersebut maka akan dilakukan vaksinasi, sekitar ada sepuluh syarat untuk peserta bisa mengikuti vaksinasi.

Seperti pengecekan suhu tubuh, tensi, riwayat alergi, riwayat penyakit seperti jantung, hipertensi, kencing manis, atau penyakit untuk imun, dan sesak nafas.

“Jika persyaratan di atas lolos, maka vaksinasi Sinovac akan diberikan,” tandasnya.

Sementara itu Kakek Rois (79) salah satu peserta asal Kelurahan Lawangan Daya Pademawu, yang mengikuti vaksinasi mengatakan, jika dirinya mengikuti vaksinasi karena diberitahu oleh RT setempat.

“Saya diantar jemput dengan memakai mobil Puskesmas bersama lansia lainnya, untuk mengikuti vaksinasi ini,” ucap Kakek Rois.

Dirinya tidak terbebani sama sekali dalam mengikuti vaksinasi Sinovac ini, baginya jika itu baik buat kesehatannya, maka ia akan selalu bersedia jika akan divaksin lagi.

“Asal itu baik buat kesehatan, saya siap mengikuti Vaksinasi tahap berikutnya,” tuturnya.

Baca Juga:  Wabup Sumenep Jadi Joki Merpati Balap

Leave a Reply