Pemkab Sampang Akan Segera Sulap Gedung Disporabudpar Jadi Mall Pelayanan Publik

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id —  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang akan segera mengambil langkah cepat untuk memaksimalkan pelayanan pada Masyarakat. Pasalnya, pada tahun 2021 mendatang pemkab berencana akan merubah Gedung Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) menjadi Mall Pelayanan Publik.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Sudarmaji menjelaskan, sesuai arahan dari Pemerintah Pusat, bahwa disetiap daerah agar memiliki Mall Pelayanan Publik.

Menurut dia, Pemkab Sampang memang sudah mencanangkan adanya keterpaduan terkait dengan pelayanan, terkait hal itu pihaknya sudah ada langkah dengan akan membentuk Mall Pelayanan Publik yang lokasinya berada di sebelah timur GOR Indor Bulutangkis.

“Dengan pertimbangan matang, gedung Disporabudpar yang berada di Jalan Wachid Hasyim Sampang dinilai lebih strategis daripada lokasi lainnya,” katanya, Minggu (29/11/2020).

Gedung Disporabudpar, kata dia, akan direhab menjadi Mall Pelayanan Publik dengan anggaran sekitar Rp2 Milyar. Kemudian, untuk pelayanan di Disporabudpar akan dipindah ke gedung Keluarga Bencana (KB) yang berada di Jalan Rajawali.

“Karena, hanya Kabupaten Sampang yang masih belum mempunyai Mall Pelayanan Publik, sedangkan Kabupaten lain di Madura sudah ada semua. Kami di deadline hingga hingga tahun 2024,” urainya.

Sudarmaji mengatakan bahwa, di Mall Pelayanan Publik itu semua yang diminta akan disiapkan. Salah satu diantaranya pelayanan perpanjangan STNK, BPJS termasuk perbankan juga sudah disiapkan.

“Nantinya, ada 6 instansi yang berada di mall itu untuk pelayanan 1 pintu yaitu, Bank Jatim, Capil, BPJS, Pelayanan Pajak serta Dispenda. Dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini diharapkan semua pelayanan di Sampang semakin optimal,” tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Sampang H Slamet Junaidi menginginkan Mall Pelayanan Publik berada di Pasar Srimangunan. Namun, ada beberapa pertimbangan dengan melihat kondisi dinilai sangat kurang kondusif bahkan rumit bila nantinya mengarahkan para pedagang sehingga, lebih memilih gedung Disporabudpar.

“Jadi tempat yang lebih tepat dan strategis adalah gedung Disporabudpar. Desainnya sudah dimulai, jadi tahun 2021 mendatang bisa langsung dikerjakan,” pungkas Sudarmaji.

Baca Juga:  Jadi Korban Penganiayaan, Pasutri di Torjun Sampang Lapor Polisi

Leave a Reply