Tiga Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022, Bagaimana Nasib Negara Lain?

Gelandang Portugal Bruno Fernandes (kanan) merayakan gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Portugal dan Uruguay di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha. Senin (28 November 2022). (Foto : Kirill KUDRYAVTSEV / AFP / Istimewa)

SUARABANGSA.co.idTiga tim dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tiga tim tersebut yaitu dua wakil Eropa, Perancis dan Portugal, serta satu wakil dari zona Amerika Selatan atau Conmebol yakni Brazil.

Perancis merupakan tim pertama yang dipastikan lolos meski masih menyisakan satu laga. Hal ini setelah Raphael Varane dan kawan-kawan mengoleksi 6 poin dari dua kemenangan di grup D. Poin Perancis tidak mungkin terkejar Denmark dan Tunisia yang berada di posisi tiga dan empat dengan sama-sama mengoleksi 1 poin. Sementara, Australia berada di posisi dua dengan 3 poin

Sementara itu, Brazil menjadi tim kedua yang dipastikan melaju ke babak 16 besar. Dari dua laga yang sudah dijalani di grup G Brazil mengoleksi 6 poin yang memantapkannya berada di puncak klasmen sementara. Poin tim Seleccao ini tidak mungkin dikejar Kamerun dan Serbia yang berada di posisi tiga dan empat dengan masing-masing 1 poin. Sementara itu, posisi dua drup G dihuni Swiss dengan 3 poin.

Portugal menjadi tim terbaru yang memastikan lolos ke babak 16 besar. Bertanding melawan Uruguay, Selasa (19/11) dini hari Wib, Portugal menang 2-0. Dengan hasil itu, Portugal berada di puncak klasmen grup H dengan 6 poin, setelah dilaga perdana juga menang atas Ghana 3-2. Poin Portugal juga tidak mungkin terkejar oleh Korea Selatan dan Uruguay di posisi tiga dan empat yang sama-sama baru mengoleksi 1 poin. Sementara itu, Gahana di posisi kedua dengan 3 poin.

Baca Juga:  Meski di Dasar Klasmen Jerman Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Ini Syaratnya!

Lalu, bagaimana dengan tim yang berada di grup lain?. Penentuan tim yang akan lolos ke babak 16 besar masih akan ditentukan hingga pertandingan terakhir. Kendati demikian, sejumlah tim juga sudah ada yang dipastikan akan tersingkir, seperti tuan rumah Qatar.

Di grup A yang dihuni Qatar, Belanda, Ekuador, dan Senegal, tim yang akan lolos masih akan ditentukan di laga terakhir. Posisi puncak saat ini dihuni Belanda dengan 6 poin dari dua kemenangan. Posisi dua ada Ekuador dengan 4 poin. Posisi tiga ditempati Senegal dengan 3 poin. Di juru kunci ada Qatar dengan 0 poin.

Dilaga terakhir, Belanda akan melawan Qatar. Sementara Ekuador akan melawan Senegal. Tiga tim selain Qatar masih sama-sama punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal itu tergantung pada hasil akhir dari pertandingan masing-masing negara dengan skema yang berlaku.

Grup B dihuni Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales. Inggris dipuncak dengan 4 poin, berikutnya Iran dengan 3 poin, Amerika Serikat dengan 2 poin, dan Wales dijuru kunci dengan 1 poin. Semua tim di grup ini masih sama-sama punya peluang untuk lolos dari fase grup sesuai dengan hasil pertandingan terakhir dengan skema yang berlaku. Dilaga terakhir, Wales akan melawan Inggris, sementara Iran akan bertemu Amerika Serikat.

Grup C ditempati Polandia, Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko. Secara berurutan, Polandia di puncak klasmen dengan 4 poin, Argentina 3 poin, Arab Saudi 3 poin, dan Meksiko 1 poin. Semua tim di grup ini masih sama-sama punya peluang untuk lolos dari fase grup sesuai dengan hadil pertandingan terakhir dengan skema yang berlaku. Laga terakhir, Polandia akan melawan Argentina, sementara Saudi Arabia akan melawan Meksiko.

Baca Juga:  Palembang Bank SumselBabel Datangkan Mantan Pemain Surabaya Samator di Proliga 2023

Grup D ada Perancis, Australia, Demnark, dan Tunusia. Perancis memiliki 6 poin dan dipastikan lolos. Australia di posisi kedua dengan 3 poin, berikutnya dihuni Denmark dan Tunisia yang sama-sama mengoleksi 1 poin. Tim yang akan mendampingi Perancis akan ditentukan pada hasil pertandingan terakhir dengan skema yang berlaku. Pada laga terakhir, Perancis akan melawan Tunisia, Australia kontra Denmark.

Timnas Perancis menang 4-1 atas Australia pada laga perdana Grup D Piala Dunia 2022 (Foto : Anne-Christine POUJOULAT/AFP/Istimewa)

Grup E dihuni Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman. Spanyol dipuncak klasmen dengan 4 poin, disusul Jepang dengan 3 poin, Kosta Rika 3 poin, dan Jerman 1 poin. Tim yang akan lolos ke babak 16 besar masih akan ditentukan dari hasil laga terakhir dengan skema yang berlaku, pasalnya semua tim sama-sama masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Dilaga terakhir, Spanyol akan melawan Jepang, Jerman akan berjumpa Kosta Rika.

Grup F ditempati Kroasia, Maroko, Belgia, dan Kanada. Di tim ini Kanada sudah dipastikan angkat koper. Sementara tiga tim lainnya masih sama-sama berpeluang lolos, tergantung pada hasil laga terakhir dengan skema yang berlaku. Posisi puncak klasmen sementara ditempati Kroasia dengan 4 poin, posisi dua dan tiga ditempati Maroko dan Belgia yang sama-sama mengoleksi 3 poin, Kanada di dasar klasmen dengan poin 0. Pada laga pamungkas, Kroasia akan melawan Belgia, Kanada akan melawan Maroko.

Baca Juga:  Ganas, Jakarta Bhayangkara Datangkan Garrett Muagututia di Proliga 2023, Pemain Timnas Amerika

Di Grup G diisi Brazil, Swiss, Denmark, dan Serbia. Brazil dipuncak klasmen sementara dengan 6 poin dan sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Diurutan kedua ada Swiss dengan 3 poin, disusul Kamerun 1 poin, dan di juru kunci ada Serbia yang juga mengoleksi 1 poin. Semua tim sama-sama masih memiliki peluang lolos mendampingi Brazil, tergantung pada hasil laga terakhir dengan skema yang berlaku. Pada laga terakhir, Brazil akan melawan Kamerun, sementara Serbia akan melawan Swiss.

Brasil vs Swiss: Gelandang Brasil Casemiro (kiri) dan bek Brasil Thiago Silva merayakan kemenangan Brasil atas Swiss di laga penyisihan grup G Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Doha, Senin (28/11/2022) (Foto : ANTARA/AFP/FABRICE COFFRINI/Istimewa)

Terakhir, yakni Grup H yang ditempati Portugal, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay. Portugal sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan koleksi 6 poin. Sementara itu, tim yang akan mendampinginya masih akan ditentukan pada hasil laga terakhri dengan skema yang berlaku. Saat ini, Ghana berada di posisi dua dengan 3 poin, disusul Korea Selatan dengan 1 poin, dan Uruguay di posisi 4 dengan 1 poin. Pada laga terakhir, Ghana akan melawan Uruguay, sementara Portugal melawan Korea Selatan.

Leave a Reply