Piala Dunia 2022 : Tunisia Tumbangkan Perancis, Australia Sukses Melaju ke Babak 16 Besar

Tunisia kalahkan Prancis 1-0 tapi tersingkir dari Piala Dunia 2022 (Foto : Istimewa)

SUARABANGSA.co.id – Pertandingan terakhir babak penyisihan grup D Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar mempertemukan Tunisia vs Perancis dan Australis vs Denmark. Laga ini digelar hari Rabu, 30 Novemberi 2022 malam Wib.

Laga Tunisia vs Perancis digelar di Education City Stadium. Sementara itu laga Australia vs Denmark digelar di Al Janoub Stadium. Hasil akhir mengantarkan Perancis dan Australia ke babak 16 besar.

Pada pertandingan ini, Perancis menurunkan sebagian besar pemain pelapisnya. Hasilnya, Perancis tumbang 1-0. Gol Tunisia dicetak Wahbi Khazri pada menit ke 58. Memanfaatkan assist Aissa Laidouni, Wahbi Khazri berhasil membuat Steve Mandanda memungut bola dari gawangnya.

Pada menit tambahan waktu, Perancis sempat menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti, yakni Antoine Griezmann. Namun gol pemain Athletico Madrid tersebut dianulir VAR lantaran dia lebih dulu terjebak posisi offside.

Baca Juga:  Amankan Pertandingan Sepak Bola, Polsek Tandes Terjunkan 45 Personel

Kendati menang melawan Perancis, Tunisia tetap tidak mampu lolos ke babak 16 besar. Hal ini lantaran Tunisia hanya mampu finish di posisi 3 klasmen grup D dengan 4 poin. Sementara itu, Perancis yang lebih dulu sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar tetap aman di posisi puncak klasmen.

Dipertandingan lain, Australia berhasi menumbangkan perlawanan Denmark dengan skor 1-0. Gol tim Soccero, julukan Australia ke gawang Denmark yang dikawal Kasper Schmeichel dicetak Mathew Leckie pada menit 16.

Satu gol Mathew Leckie bawa Australia lolos ke babak 16 besar (foto : twiter @faktaSepakbola/istimewa)

Dengan hasil tersebut, Australia berhasil finish di posisi kedua klasmen grup D dengan 6 poin dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Australia memiliki poin yang sama dengan Perancis, namun kalah jumlah selisih gol. Sementara itu, Denmark harus rela finish di posisi empat dengan 1 poin dan angkat koper lebih awal dari piala dunia kali ini.

Baca Juga:  Jika Rivan Absen di Proliga 2023, Akankah Surabaya BIN Samator Andalkan Samsul Kohar?

Dibabak 16 besar, Perancis akan berhadapan dengan Runner-up grup C. Laga ini rencananya akan digelar Minggu, 4 Desember 2022 pukul 22.00 Wib. Sementara itu, Denmark akan melawan juara Grup C. Laga ini rencananya akan digelar dihari yang sama pukul 02.00 Wib.

Untuk itu, grup C dihuni oleh Polandia, Argentina, Saudi Arabia, dan Meksiko. Semua negara di Grup C ini masih sama-sama memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal ini sesuai hasil pertandingan terakhir dan dengan skema yang berlaku.

Baca Juga:  Piala Dunia 2022 Penuh Kejutan : Jepang Juara Grup E, Jerman Angkat Koper

Saat ini, Polandia menempati puncak klasmen sementara dengan 4 poin, disusul Argentina dengan 3 poin, Saudi Arabaia di posisi tiga juga dengan 3 poin, di dasar klasmen ditempati Meksiko dengan 1 poin.

Dilaga pamungkas, Polandia akan melawan Argentina, sedangkan Saudi Arabia akan melawan Meksiko. Laga terakhir akan digelar hari ini, Kamis 1 Desember 2022.

Leave a Reply