Gema Takbir Akbar Idul Adha 1443 H, Ini Harapan Bupati Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) menggelar Gema Takbir Akbar 1443 H/2022 itu di Lapangan Kesenian Gotong Royong. Sabtu (9/7/2022).

Gema takbir dimulai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, diikuti Wakil Bupati Nyai Hj. Dewi Khalifah dan secara bergantian para pimpinan Forkopimda.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi berharap momentum Hari Raya Idul Adha 1443 H dapat menumbuhkan empati di kalangan masyarakat.

“Semoga Hari Raya Idul Adha tahun ini┬ádapat menumbuhkan empati bagi sesama, lebih-lebih terhadap warga yang terdampak Covid-19 selama dua tahun terakhir,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Berikan Bantuan kepada Korban Bencana Angin

Belum juga benar-benar berakhir wabah Corona, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah terhadap hewan ternak juga menjadi keprihatinan bersama.

Bupati Achmad Fauzi berharap wabah PMK cepat terkendali, supaya keresahan masyarakat akan penyakit yang menjangkiti hewan ternaknya segera berakhir.

“Semoga kasus PMK cepat terkendali di tanah air tercinta, khususnya di Kabupaten Sumenep,” ujar Achmad Fauzi.

Menurut Bupati, ada dua peristiwa penting pada pelaksanaan Idul Adha 2022, yakni terlaksananya ibadah haji dan ibadah kurban.

“Alhamdulillah, sebagian warga Sumenep ada yang dapat melaksanakan ibadah haji meski dengan kuota terbatas setelah 2 tahun dihentikan akibat Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga:  KKN 102 UIN Sunan Kalijaga Tambah Wahana Spot Foto Baru di Wisata Alam Bukit Brukoh

Peristiwa penting yang kedua adalah ibadah kurban, rangkaian dari pada Hari Raya Idul Adha sehingga disebut juga Idul Qurban.

“Kurban ini adalah media untuk menumbuhkan kesadaran dan peduli kepada sesama agar mengeluarkan sebagian harta kita,” ucap Bupati Achmad Fauzi.

Dari dua peristiwa penting itu, Bupati menyebut ada dua hikmah. Pertama, harus bersyukur kepada Allah SWT karena warga Sumenep yang sudah lama menunggu akhirnya dapat melaksanakan haji tahun ini.

“Hikmah kedua, bagi yang punya harta hendaknya berkurban guna meringankan beban warga yang lainnya,” pesan Bupati.

Baca Juga:  Demonstran: Pak...!!! Ingat Lagu Pertemuan di Room 2

Pihaknya berharap Hari Raya Idul Adha 1443 H menjadi momentum meningkatkan sifat kepedulian terhadap sesama di tengah kondisi prihatin akibat Covid-19 dan PMK.

“Semoga dengan momentum Idul Adha ini, kita bisa menghilangkan yang kurang baik dan menunjukkan sifat-sifat yang humanis kepada sesama,” pungkas Achmad Fauzi.

Leave a Reply