Diskominfo Pamekasan Raih Juara II Penyelenggara Inovasi dan Teknologi

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Tahun ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur meraih juara II program Inovasi dan Teknologi Award Kabupaten Pamekasan.

Ivent tersebut diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pamekasan.

Prestasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati nomor: 188/259/432. 013/2022 tanggal 13 Mei 2022 tentang Penetapan Pemenang Inovasi dan Teknologi Award Kabupaten Pamekasan Tahun 2022.

Kepala Bidang Pengelola Media dan Komunikasi Publik Diskominfo Pamekasan, Arif Rachmansyah, menjelaskan bahwa Diskominfo menerapkan program intranet melalui FO-GPON (Fiber Optic-Gigabit Capable Passive Optical Network) yang merupakan access node technology.

Program tersebut diperlukan untuk memberikan layanan multimedia (Voice, data, Video maupun content-content yang lain) sebagai infrastruktur internet dan intranet andalan untuk menghubungkan seluruh OPD.

Baca Juga:  Tegakan Prokes, Satpol PP Sampang bersama TNI-Polri dan Dishub Gelar Operasi Yustisi

“Itu terobosan yang tepat untuk mengatasi masalahnya (adalah penerapan intranet melalui FO-GPON red),” jelas Arif, Senin (06/05/2022).

Program tersebut bermanfaat dalan belanja internet terpusat, bahkan lebih murah, lebih secure, lebih termonitor, lebih utilized, serta dirasakan manfaat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan juga, termasuk bagi masyarakat.

Hal itu tak lain untuk memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur layanan jaringan intranet, baik untuk pertukaran data, video conference, Digital Video Broadcasting (DVB) dan lainnya.

“Selain itu juga mengoptimalkan sarana dan prasarana TIK yang ada di mana nantinya akan terbangun sentralisasi data dan fasilitas komunikasi data secara virtual yang dapat diakses dan mudah, cepat dan aman. Serta memiliki Brankas Data (BRATA) yang handal dan aman,” jelasnya.

Baca Juga:  Forkopimda Jatim dampingi Menkopolhukam Cek Prokes dan Pengamanan Gereja di Surabaya

Ia berharap Kominfo semakin berprestasi seiring dengan perubahan arus digitalisasi, termasuk menjadi kontributor yg handal bagi pelayanan kepada pemerintah daerah dan masyarakat melalui inovasi-inovasi teknologi.

Ia juga tidak lupa meminta support penuh Kepala Daerah dan para stakeholder demi mencapai kabupaten yang maju.

Untuk diketahui, urutan pertama yang meraih penghargaan tersebut yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dengan judul Inovasi Pamekasan Call Center, lalu peringkat kedua diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informasi dengan judul Inovasi FO- GPON, sementara posisi ketika SMP 1 Pamekasan dengan judul, SI CECEP Periang.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Imbau Masyarakat Silaturrahim Secara Virtual

Sedangkan peringkat keempat diraih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan judul Halo Pemustaka Lansia. Lalu disusul UPT Perpustakaan Teja di peringkat lima dengan judul Grobak Sirsak. Di urutan terakhir diraih Dinas Pendudukan dan Catata Sipil dengan judul Lastareh Kak.

Temukan Kami: