Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa, Disdukcapil Pamekasan Launching Program Inovasi Sip Pak Kades

PAMEKASAN, SUARABANGSA.co.id – Dalam rangka memaksimalkan pelayanan kependudukan untuk masyarakat di pedesaan, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, melaunching SIP PAK KADES (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa) pada Rabu (27/07/2022) siang.

Program Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) itu, digelar di Kantor Balai Desa Rekkerrek, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur (Jatim).

Didampingi Achmad Faisol Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil serta Sigit Priyono Asisten 1 Pemerintahan Kabupaten Pamekasan, Bupati beserta rombongan tiba di Balai Desa Rekkerrek, untuk mengikuti kegiatan Launching Sistem Administrasi Kependudukan di Kantor Desa.

Baca Juga:  Melalui Puskesmas Pademawu, Pemkab Pamekasan Berikan Vaksin Sinovac Untuk Lansia

Achmad Faisol dalam sambutannya mengatakan, jika launching Sip Pak Kades di desa Rek Kerrek, sebagai langkah awal dalam pelaksanaan inovasi dari Dispendukcapil Pamekasan.

“Kegiatan launching Sip Pak Kades yang dilaksanakan pada saat ini, merupakan langkah awal yang nantinya akan diikuti oleh Desa yang lain di Kabupaten Pamekasan,” katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Disdukcapil juga menyerahkan dokumen kependudukan kepada 62 orang penyandang disabilitas, yang sebelumnya sudah didata.

“Sebelumnya kami telah mendata sebanyak 62 warga desa Rekkerrek penyandang disabilitas, dan pada kesempatan kali ini akan kami serahkan dokumen kependudukan secara simbolis,” imbuh Faisol.

Baca Juga:  Batik Pamekasan Dipakai Puteri Indonesia 2020 di Ajang Miss Universe 2021

Sementara itu kata Baddrut Tamam S.Psi, MH Bupati Pamekasan, inovasi dari Disdukcapil ini merupakan bentuk pelayanan untuk masyarakat di pedesaan agar dengan mudah dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Saya bersyukur bisa menghadiri launching Sip Pak Kades, karena dengan inovasi ini, Disdukcapil dapat melayani masyarakat desa dengan sepenuh hati, utamanya penyandang disabilitas dan lansia” jelasnya.

Mas Tamam juga berterimakasih kepada Disdukcapil atas inovasinya dan kepada Kepala Desa Rekkerek atas partisipasinya.

“Dengan Sip Pak Kades, saya berharap agar masyarakat di pedesaan dipermudah dalam mengurus dokumen kependudukan di masing-masing desa, tanpa harus mendatangi kantor Dispendukcapil Kabupaten Pamekasan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Anggota Koramil 0826-01 Pamekasan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni
Temukan Kami: