DPMD Kabupaten Probolinggo Gelar Rakor Persiapan Pelantikan Kades Terpilih

- Admin

Selasa, 1 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelantikan kepala Desa (kades) terpilih serentak di 250 desa se – kabupaten Probolinggo, Selasa (01/03/2022).

Rakor yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto ini dihadiri narasumber terdiri dari Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto, Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo serta Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengucapkan selamat karena sudah terpilih sebagai kepala desa untuk masa jabatan 6 (enam) tahun ke depan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungannya sehingga Pilkades serentak pada tanggal 17 Pebruari 2022 kemarin dapat berjalan aman dan terkendali. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang ada di masing-masing desa,” katanya.

Sehingga Pilkades serentak pada tanggal 17 Pebruari 2022 kemarin dapat berjalan aman dan terkendali.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak yang ada di masing-masing desa,” katanya.

Baca Juga:  Wabup Probolinggo Pantau Vaksinasi 6000 Anggota Pramuka

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo ini meminta kepada kepala desa terpilih agar tidak terlalu euforia dalam merayakan keberhasilannya. Sebab saat ini kondisinya masih dalam masa pandemi Covid-19, khususnya varian Omicron.

“Sebelum Pilkades dilaksanakan, kasus Covid-19 itu sangat sedikit. Meskipun ada penambahan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tetapi sekarang ini penambahan kasusnya banyak. Kondisi ini harus disikapi dan dipahami oleh cakades terpilih yang akan dilantik pada bulan Mei mendatang,” jelasnya.

Terkait dengan seragam yang akan digunakan oleh cakades terpilih jelas Heri, Pemkab Probolinggo tidak akan mengkoordinir lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nantinya, seragam ini akan dikoordinir oleh masing-masing kades yang ada di setiap kecamatan.

“Kami hanya memberikan rekomendasi penjahit supaya hasilnya bagus. Selain itu supaya warna putihnya juga sama. Nanti akan difasilitasi oleh Camat masing-masing. Yang jelas kami sudah tidak mengkoordinir seragam kepala desa terpilih,” terangnya.

Heri juga mengingatkan kepada kepala desa terpilih agar turut membantu program pemerintah dalam hal penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi khususnya kepada lansia dan anak-anak. Kepala desa harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah percaya hoaks terkait dengan vaksinasi.

Baca Juga:  Bersama DPRD, Pemkab Probolinggo Mulai Bahasa LPj APBD Tahun 20

“Kami berpesan kepada para kepala desa terpilih agar selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Bijaklah dalam bermedia sosial. Pilah-pilah dan sharing setiap informasi yang diterima dari media sosial sebelum disampaikan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto menyampaikan bahwa kepala desa merupakan mitra dari Pemkab Probolinggo. Setelah nantinya dilantik secara resmi, maka kepala desa akan menjadi keluarga dari Pemkab Probolinggo.

“Kepala desa merupakan aset daerah yang dibiayai oleh Negara. Kepala desa akan memimpin desa untuk masa 6 tahun. Oleh karena itu saya meminta kepada kepala desa kalau tidak penting-penting sekali jangan keluar daerah. Kita berikhtiar tidak terjadi apa-apa hingga pelantikan sesuai peraturan perundang-undangan. Pilkades sudah selesai, maka rangkullah semuanya dengan baik,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo. Pihaknya meminta agar tidak terlalu ueforia berlebihan tetapi paling tidak bisa membina komunikasi dengan kompetitor agar ke depan tidak menghadapi persoalan yang tidak dikehendaki.

Baca Juga:  Diskominfo Pamekasan Berlakukan Syarat Ini Untuk Dapat Biaya Publikasi

“Tugas kami melakukan pendampingan yang bersifat konsultatif dan hal-hal yang menyangkut setelah kepala desa definit. Misalnya terjadi gugatan di PTUN. Sebab tentu setelah dilantik dalam waktu 90 hari, masih ada upaya-upaya hukum yang ingin menggugat. Mulai sekarang belajarlah peraturan perundang-undangan baik itu menyangkut desa, dana desa dan lain sebagainya,” terangnya.

Sedangkan Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengungkapkan perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron saat ini sedang naik. Butuh keterlibatan dari semua pihak, salah satunya kepala desa agar kasus Covid-19 varian Omicron ini bisa ditekan.

“Kepala desa mempunyai peran penting untuk mengurangi penyebaran kasus Covid-19. Mulai dari disiplin menerapkan protokol kesehatan hingga mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 di desanya masing-masing. Apalagi saat ini Kabupaten Probolinggo masuk ke level 3,” pungkasnya.

Berita Terkait

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati
Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers
Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun
Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan
Paripurna Jawaban LKPJ Pj Bupati Bojonegoro, Hasilkan 30 Rekomendasi untuk 2024
Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Paparan Pj Bupati Sampang
Pj Bupati Pamekasan Hadiri Penutupan TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0826
Pemkab Bojonegoro Akan Subsidi Sembako di Bulan Ramadhan, Begini Komentar Komisi B

Berita Terkait

Kamis, 4 April 2024 - 18:14 WIB

Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Selasa, 2 April 2024 - 22:44 WIB

Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:26 WIB

Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:01 WIB

Paripurna Jawaban LKPJ Pj Bupati Bojonegoro, Hasilkan 30 Rekomendasi untuk 2024

Senin, 25 Maret 2024 - 14:16 WIB

Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Paparan Pj Bupati Sampang

Jumat, 22 Maret 2024 - 12:38 WIB

Pj Bupati Pamekasan Hadiri Penutupan TMMD ke 119 Tahun 2024 Kodim 0826

Rabu, 20 Maret 2024 - 18:51 WIB

Pemkab Bojonegoro Akan Subsidi Sembako di Bulan Ramadhan, Begini Komentar Komisi B

Selasa, 19 Maret 2024 - 19:10 WIB

Mentan Tinjau Kondisi Pertanian di Bojonegoro, Begini Komentarnya

Berita Terbaru

News

Warga Pamekasan Geruduk Kantor PLN

Kamis, 18 Apr 2024 - 14:54 WIB