Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Cara Pemkab Sampang Permudah Segala Urusan Administrasi

DBHCHT Sumenep

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, Jawa Timur kini resmi memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di eks Gedung Disporabudpar, Jalan KH Wachid Hasyim.

Mal Pelayanan Publik yang berkonsep pusat pelayanan perizinan terpadu ini dihuni oleh sepuluh instansi antara lain, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan, Kantor Samsat serta Kantor BPD Jatim Cabang Sampang.

Selain itu, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Kementerian Agama, Bank Sampang serta DPMPTSP dan Naker Kabupaten Sampang.

Dengan keberadaan mal ini, masyarakat kota Bahari tidak perlu lagi repot mencari lokasi hingga bolak-balik mengurus segala urusan administrasi. Berbagai urasan birokrasi seperti dokumen kependudukan, perizinan bisa dilakukan ditempat tersebut.

Baca Juga:  Kompak, Warga Desa Prajjan dan Tambaan Camplong Gotong Royong Perbaiki Jalan Berlubang

Bupati Sampang H Slamet Junaidi dalam sambutannya mengapresiasi atas didirikannya Mal Pelayanan Publik tersebut. Ia berharap, keberadaan MPP bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Rencana pembangunan Mal Pelayanan Publik menurutnya sudah dicanangkan sejak awal dirinya dilantik, namun karena di Tahun 2020 terdampak recoufusing Pandemi Covid-19 sehingga bisa direalisasikan di Tahun 2021.

“Dengan adanya Mal Pelayanan Publik semua bentuk pelayanan menjadi satu pintu dan terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat,” ucap Bupati.

Mantan DPR RI itu mewanti-wanti kepada para petugas agar tidak ada keluhan apapun dari masyarakat dalam pengurusan perijinan atau sejenisnya yang dipersulit.

Baca Juga:  Brak! Motor Honda Vario vs Mobil Pickup di Taddan Camplong Adu Banteng, 1 Orang Patah Tulang

“Dari awal kami dilantik berkomitmen untuk menjadi pelayan masyarakat, semoga Mal Pelayanan Publik ini bisa bermanfaat dan tentunya kedepan akan dikembangkan agar sektor layanan lainnya bisa diakomodir berada disini,” tandas Bupati

Sementara itu, Kepala DPMPTSP dan Naker, Ir Majid Syamroni dikonfirmasi melalui Kabid Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan DPMPTSP Naker Sudarmadi mengatakan bahwa tujuan didirikannya Mal Pelayanan Publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga menjadi semakin cepat, mudah dan transparan.

“Total ada 34 pelayanan publik dari 10 instansi Pemerintah Kabupaten Sampang ada disini. Dan ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” tegas Sudarmadi.

Baca Juga:  Whisnu Sakti Buana Ditunjuk Jadi Plt Wali Kota Surabaya

Selain itu, kata Sudarmadi, warga Sampang juga bisa lebih menghemat waktu dalam mengurus perizinan. Sebab, tidak perlu berpindah-pindah tempat.

“Semisal warga ingin mengurus KTP atau KK, lalu ingin membayar pajak, mereka tinggal bergeser beberapa meter saja, dan bisa menyelesaikan semuanya di satu tempat saja,” tutur Sudarmadi memungkasi.

Leave a Reply