Sambut Idul Fitri, Seluruh Staf di Kantor Kecamatan Torjun Sampang Gelar Kerja Bakti

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Mengakhiri masa puasa yang telah berjalan selama sebulan dan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah adalah momentum yang sangat dinanti-nantikan oleh kaum muslimin.

Semangat menyambut Hari Raya Idul Fitri biasanya dilakukan dengan berbagai kesibukan, seperti bersilaturahmi ke tempat keluarga, menyiapkan menu masakan yang bervariasi.

Hal berbeda dilakukan oleh seluruh staf dilingkup kantor Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur justru sebaliknya, yakni mengadakan kegiatan kerja bakti peduli lingkungan.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Bupati Sampang H Slamet Junaidi pada rapat koordinasi Persiapan Kerja Bakti bersih Jalan akses Kamal-Sampang yang masuk perbatasan sampai dengan masuk kota Sampang.

Camat Torjun Moh Lutfi Maliki dikonfirmasi melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Hairil Anwar mengatakan bahwa gerakan ini dicanangkan oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi, dalam menyiapkan diri dan lingkungan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

“Dalam rangka menindaklanjuti perintah Pak Bupati Sampang, maka pak Camat Torjun langsung menginstruksikan seluruh staf Kecamatan untuk melakukan bersih-bersih lingkungan agar wilayah Kecamatan Torjun bersih, indah dan nyaman,” kata Hairil kepada kontributor suarabangsa.co.id, Senin (10/05/2021) malam.

Menurut Hairil, kegiatan itu juga sebagai tindakan peduli kebersihan terhadap akses Kamal-Sampang dalam menyambut Hari Raya idul fitri. Dikatakannya, untuk menghemat tenaga di saat bulan puasa, maka seluruh staf Kecamatan ini sengaja melakukan aktivitas mereka di malam hari.

“Sengaja ngerjainnya malam hari, karena kalau siang haus terus kita kan lemas lagi berpuasa jadi kurang maksimal kerjanya. Tetapi kalau malam ini belum selesai dibersihkan akan dilanjutkan besok pagi,” imbuhnya.

Ia berharap aksi ini dapat meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan meningkatkan semangat gotong royong seluruh staf Kecamatan, baik ASN maupun tenaga honorer.

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Sebab, lingkungan yang bersih membuat enak dipandang mata dan juga merupakan sebagian dari iman oleh karena itu hendaklah terus kita jaga selalu kebersihan lingkungan kita,” paparnya.

Lebih jauh, dikatakan Hairil bahwa ditengah situasi pandemi saat ini, diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk kompak dan bekerjasama dalam mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan tetap patuhi protokol kesehatan.

“Kami berharap semoga secepatnya Covid-19 ini segera berlalu sehingga kita bisa kembali melakukan kegiatan dan aktivitas seperti biasanya tanpa was-was lagi. Untuk itu larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah ini adalah untuk kebaikan kita bersama dalam upaya pencegahan, karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir,” pungkasnya.

Baca Juga:  Unggah Foto 'Banjir Darah', Kediaman Youtuber Asal Banyuates Sampang Didatangi Polisi

Leave a Reply