Tim SAR Berhasil Evakuasi Satu Jenazah ABK Kapal Tugboat Mitra Jaya XIX

Mitra Jaya

Tim SAR saat melakukan pencarian

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Proses pencarian korban kecelakaan laut antara Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar dengan Tugboat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng Tongkang Makmur Abadi V di sekitar perairan Gresik, Jawa Timur atau Perairan Utara Pulau Madura pada Sabtu 23 Januari 2021 dini hari, yang menyebabkan TB Mitra Jaya XIX terbalik dan terbawa arus ke perairan Ketapang, Kabupaten Sampang akhirnya membuahkan hasil.

Kasubag Humas Polres Sampang Ipda Yoyok mengatakan bahwa, Tim Gabungan Polairud Polres Sampang bersama Ditpolairud Polda Jatim melakukan proses evakuasi sekitar pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB.

“Sekitar pukul 10.00 WIB kami berhasil mengeluarkan 1 jenazah dari Kapal TB Mitra Jaya XIX kemudian diangkat ke speed boat Ditpolairud Polda Jatim untuk dibawa ke daratan,” kata Yoyok kepada suarabangsa.co.id, Kamis (11/02/2021).

Menurutnya, Kanit Search And Rescue (SAR) telah melaksanakan koordinasi dengan Kasat Polairud Polres Sampang untuk melakukan Disaster Victim Identification (DVI) untuk mengetahui identitas jenazah di RSUD Sampang.

“Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan menuju ke darat, selanjutnya jenazah dibawa ke RSUD dr Mohammad Zyn guna dilakukan proses identifikasi oleh petugas yang berwenang,” tandas Yoyok.

Sementara, Kasatpolairud Polres Sampang, Iptu Catur Rahardjo saat dikonfirmasi mengatakan untuk jenazah dibawa ke RSUD dr Mohammad Zyn Sampang dengan menggunakan Ambulance PMI Ketapang dan selanjutnya akan dilakukan proses identifikasi.

“Tim DVI Polda Jatim direncanakan akan datang besok untuk mengidentifikasi korban,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selanjutnya pencarian korban dihentikan dan akan kembali dilanjutkan kembali pada hari Jumat (12/02/2021) besok.

 

Baca Juga:  Perahu Pengangkut Genteng dan Batu Bata di Sumenep Nyaris Tenggelam

Leave a Reply