Meriahkan Hari Santri Nasional, Pagar Nusa Sampang Gelar Sepak Bola Api

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id — Memperingati hari Santri Nasional, Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Sampang, menggelar permainan sepak bola api dan juga atraksi silat.

Kegiatan olahraga dan olahtubuh ini sebagai simbol kekuatan santri dan juga bertujuan menghidupkan tradisi sepak bola api di kalangan santri, sekaligus mengenang arwah pahlawan yang berasal dari kaum muslim kalangan santri.

Permainan sepak bola api ini digelar di lapangan Pondok Pesantren As-Sirojiyyah, Kajuk, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Kamis (22/10/2020) malam.

Bola yang dimainkan menggunakan kelapa tua yang direndam minyak tanah selama beberapa hari, kemudian dibakar api agar tidak membahayakan keselamatan para penonton.

Baca Juga:  Oleng ke Kanan, Pemuda Sumenep Tewas Ini 'Dicium' Pick Up

Kobaran api pada bola ini membuat permainan semakin seru. Tepuk sorak para santri yang berdiri mengelilingi arena pertandingan menambah semangat para pemain. Kemeriahan dan semangat para santri inilah yang membangkitkan tradisi baru di pondok pesantren tersebut.

Ketua Pimpinan Cabang Pencak Silat Pagar Nusa Kabupaten Sampang, Moh Wahyudi menyampaikan tujuan permainan sepak bola api untuk melestarikan tradisi sepak bola api yang merupakan bagian dari budaya pondok pesantren tempo dulu bahkan sebelum masa Indonesia merdeka.

“Juga untuk mengenang para pahlawan yang berasal dari umat islam kalangan santri. Kan ada beberapa pahlawan nasional yang juga dari kalangan Umat Islam atau kalangan santri,” jelasnya kepada suarabangsa.co.id, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga:  Jalan Poros Desa Dulang Rusak Parah, Sekda Sampang: Itu Tidak Boleh Dibiayai APBD

Sepintas terlihat ngeri, pasalnya api yang berkobar panas dan dapat sewaktu-waktu membakar itu justru malah menjadi ajang permainan. Meskipun terkesan menakutkan, namun para santri tampak menikmati permainan tersebut bersama para rekan-rakannya.

“Kegiatan ini sudah dinantikan para santri Pesantren As-Sirojiyyah, dan akan menjadi tradisi tahunan setiap menyambut hari santri nasional,” kata dia.

Kemeriahan bertambah saat olahraga atraksi bola api yang di gelar tersebut mendapatkan dukungan suporter yang memberikan semangat kepada tim yang bertanding dan berlaga pada ajang bola api ini.

Baca Juga:  Grand Launching HSN 2019 di Sumenep Bakal Disuguhi 1000 Penabuh Drumband

“Kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk bersilat dan bersilaturahmi. Semoga kegiatan ini dapat menjadikan ajang silaturrahim bagi para santri dan pagar nusa,” tandasnya.

Leave a Reply