Bupati dan OPD Teken Komitmen Bersama Menuju Sampang Smart City, Inovasi Penghubung Masyarakat dan Pemerintah

- Admin

Rabu, 11 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Gagasan smart city terus digelorakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, Jawa Timur, menuju Sampang hebat bermartabat.

Kabar terbaru, seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah setempat melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam menuju Sampang smart city (kota cerdas).

Penandatanganan implementasi smart city ini dilakukan oleh Bupati H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, sekretaris daerah, para Kepala OPD hingga akademisi di kompleks Pendapa Trunojoyo, Rabu (11/10/2023) siang.

Pantauan kontributor suarabangsa.co.id, usai melakukan penandatanganan komitmen bersama, Bupati Sampang juga meresmikan gedung Smart Room Center (SRC). Peresmian gedung smart room center tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan prasasti secara digital.

Kepala Dinas Kominfo Sampang, Amrin Hidayat dalam pemaparannya menjelaskan bahwa smart room center Kabupaten Sampang merupakan wujud keseriusan untuk mewujudkan Kabupaten Sampang sebagai kota cerdas.

Menurut Amrin, keberadaan smart room akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat dikarenakan segala informasi mengenai Kabupaten Sampang bisa diketahui dengan layanan dan fasilitas yang disediakan.

Baca Juga:  Di Tengah Euforia Tahun Baru, Warga Pamekasan Ini Hanya Bisa Meratap

“Smart room center sebagai pusat informasi menyerupai command center yang akan menambah sederet inovasi pelayanan publik Pemkab Sampang,” kata Amrin.

Amrin mengaku jika smart room sudah dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang canggih untuk mempermudah operasional pelayanan publik agar lebih efektif dan efisien dengan menggunakan sistem IoT (Internet of Things) yang bisa terhubung langsung dengan perangkat aplikasi,” imbuh Amrin.

IoT memungkinkan untuk berkomunikasi, mengendalikan dan terhubung dengan perangkat cerdas machine-to-machine dengan menggunakan teknologi internet, konektivitas, sensor dan artificial intelligence.

“Inovasi ini tentunya akan sangat membanggakan bagi warga Sampang, mari bersama-sama wujudkan Sampang Hebat Bermartabat sebagai kota cerdas,” harap Amrin.

Untuk mengenalkan ruangan berteknologi pintar tersebut, Amrin mendemokan salah satu kecanggihan teknologi dengan mematikan perangkat yang ada di ruangan hanya menggunakan perintah suara.

Ditempat yang sama, Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengaku bangga karena kini Kabupaten Sampang berada di trek yang tepat dalam rangka menyambut era digital dengan mempersiapkan segala fasilitas pendukungnya termasuk gedung smart room.

Baca Juga:  HUT RI ke-76, Pengendara di Sampang Beri Hormat Detik-detik Pengibaran Bendera

“Gedung ini menjadi bukti bahwa Sampang siap menjadi kota Digital Cerdas (Smart City) yang mendayagunakan segala informasi dan data digital untuk pembangunan dan pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat,” kata Bupati Bangga.

Untuk itu, politisi partai Nasdem itu mengapresiasi Diskominfo Sampang yang telah berupaya maksimal dalam mewujudkan gedung IT representatif yang dilengkapi Teknologi Internet Of Things (IOT) tersebut.

“Smart room ini nantinya akan mendukung berbagai sistem dan perangkat yang saling berbagi komunikasi dan informasi secara real time dan menjadi trigger integrasi data di lingkungan Pemkab Sampang,” tutur Bupati.

Mantan DPR RI itu meyakini bahwa dengan adanya gedung smart room, pelaksanaan operasional kegiatan dan pelayanan publik semakin efisien serta pemanfaatan sumber daya juga lebih optimal.

Kata Bupati, di samping meresmikan gedung smart room, pelaksanaan penandatanganan komitmen bersama menuju Sampang Smart City ini dapatnya dilandasi atas kesadaran begitu besarnya peluang manfaat implementasi konsep smart city.

“Misalnya dalam rangka mendukung terciptanya proses pembangunan berkelanjutan, inklusif, kolaboratif dan sesuai dengan paradigma sustainable development goals (SDGs),” ujarnya lagi.

Baca Juga:  Disdik Sumenep Rakor Dengan Tim Inovasi, Ini Tujuannya

Orang nomor satu itu berharap gedung smart room dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai salah satu warisan selama periode kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sampang.

“Kami berharap gedung ini menjadi simbol kesiapan Sampang untuk berinovasi secara berkelanjutan, kerjasama yang solid antar OPD harus diimplementasikan agar dapat menjadi trigger memantik terwujudnya Sampang Smart City,” harap Bupati.

Diakhir penyampaian, Bupati juga berharap gedung smart room menjadi pusat kolaborasi yang produktif, wadah inovasi yang tiada henti dan sarana menciptakan perubahan positif di lingkungan Pemkab Sampang.

Agenda penandatanganan komitmen Bersama menuju Sampang Smart City itu dihadiri Bupati H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Sekdakab Sampang H Yuliadi Setiyawan serta Tenaga Ahli Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto.

Selain itu juga tampak hadir Ketua Pengadilan Agama Dr M Yusuf, Kepala Kantor Kemenag H Abdul Wafi, Direktur Utama Poltera, Direktur Utama Bank Sampang, Kepala RSUD Mohammad Zyn, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab setempat serta perwakilan TP2D.

Penulis : Abdus Salam

Editor : Putri

Berita Terkait

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan WTP
Pj Bupati Bojonegoro Launching ILP dan Lansia Sembada
Dapat Tambahan Jabatan Menjadi 8 Tahun, 360 Kepala Desa se Bojonegoro Syukuran
Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bihalal Bersama Mensesneg RI
Dari Empat Pilar dan Lembaga Non Government di Bojonegoro Ikuti Seminar HPN
Hendak Salip Truk, Mobil Pickup di Sampang Tabrak Pemotor hingga Tewas
Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Pj Bupati Bojonegoro Beri Apresiasi
Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:56 WIB

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan WTP

Selasa, 30 April 2024 - 23:29 WIB

Pj Bupati Bojonegoro Launching ILP dan Lansia Sembada

Selasa, 23 April 2024 - 20:22 WIB

Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Pj Bupati Bojonegoro Beri Apresiasi

Senin, 22 April 2024 - 19:38 WIB

Satpol PP dan Damkar Pamekasan Sosialisasikan Tentang Rokok Ilegal

Rabu, 10 April 2024 - 17:24 WIB

Pemkab Bojonegoro Gelar Takbir bersama di Pendopo Malowopati

Kamis, 4 April 2024 - 18:14 WIB

Jaga Sinergitas, Pj Bupati Sampang Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Selasa, 2 April 2024 - 22:44 WIB

Bojonegoro Mendapat Tambahan Pupuk Subsidi Sekitar 28 Triliun

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:26 WIB

Menteri PUPR Tinjau Proses Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan

Berita Terbaru

Birokrasi

Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan WTP

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:56 WIB

Kesehatan

Dinkes Pamekasan Gelar Senam Bersama

Rabu, 1 Mei 2024 - 15:25 WIB

Birokrasi

Pj Bupati Bojonegoro Launching ILP dan Lansia Sembada

Selasa, 30 Apr 2024 - 23:29 WIB

Hiburan

Mensesneg Meriahkan Panggung Gor The Dozs di Dolok Gede

Senin, 29 Apr 2024 - 18:49 WIB