Meski di Dasar Klasmen Jerman Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Ini Syaratnya!

Selebrasi penyerang Jerman, Niclas Fullkrug setelah menjebol gawang Spanyol pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2022, Kamis (28/11/2022) WIB. Laga ini berakhir imbang dengan skor 1-1. (Foto : AP Photo/Luca Bruno/istimewa)

SUARABANGSA.co.id – Tim Nasional Jerman berada di dasar klasmen sementara Grup E Piala Dunia 2022. Dari dua pertandingan yang dilakoni, Der Panzer hanya berhasil meraih 1 poin. Poin tersebut diperoleh Jerman saat menahan imbang Spanyol 1-1 pada laga kedua penyisihan grup. Pada laga pertama, Jerman harus menerima pil pahit setelah dikandaskan oleh Jepang dengan skor 2-1.

Kendati berada di dasar klasmen sementara, Jerman tetap memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Hal itu tergantung pada laga terakhir yang akan dijalani masing-masing negara.

Untuk diketahui, Grup E dihuni Spanyol, Costa Rica, Jepang, dan Jerman. Spanyol berada di posisi puncak dengan 4 poin, posisi dua Jepang dengan 3 poin, Costa Rica di posisi tiga juga dengan 3 poin, dan Jerman di dasar klasmen dengan 1 poin.

Semua negara masih sama-sama memiliki kesempatan untuk lolos. Lalu bagaimana dengan Jerman?. Pada laga terakhir, Jerman akan meladeni Costa Rica, sementara Spanyol akan melawan Jepang.

Untuk lolos ke babak 16 besar, langkah tim asuhan Hansi Flick bergantung pada hasil yang akan dijalani dan hasil pertandingan Spanyol vs Jepang. Langkah paling aman untuk lolos, Jerman wajib menang melawan Costa Rica, dipertandingan lain Spanyol harus mengalahkan Jepang. Jika itu terjadi maka Spanyol akan menjadi juara grup dengan 7 poin dan Jerman sebagai runner-up dengan 4 poin.

Baca Juga:  Jadwal Proliga 2023 Putaran Pertama, Rivan dan Agil Angga Bakal Melawan Seniornya

Lalu bagaimana jika Jerman menang, sedangkan Spanyol vs Jepang berakhir seri?. Jika demikian, maka Spanyol tetap menjadi Juara Grup dengan 5 poin. Sedangkan Jerman dan Jepang sama-sama akan meraih 4 poin. Lalu siapa yang akan mendampingi Spanyol sebagai runner-up?.

Pemaim Jerman, Ilkay Gondogan setelah berhasil mengeksekusi penalti ke gawang Jepang. Laga ini berakhir dengan kekalahan Jerman 1-2. (Foto : REUTERS/MATTHEW CHILDS/Istimewa).

Untuk diketahui, pada piala dunia kali ini, ada sejumlah aturan yang berlaku untuk mementukan peringkat tim. Pertama, jumlah poin terbesar yang diperoleh dalam pertandingan grup antara tim yang bersangkutan.

Bagaimana jika ada tim yang memiliki poin sama, maka aturannya ditentukan melalui keunggulan selisih gol yang dihasilkan dari pertandingan grup antar tim yang bersangkutan. Jika masih sama, maka ditentukan dengan jumlah gol terbesar yang dicetak di semua pertandingan grup antar tim yang bersangkutan.

Jika masih saja sama, maka ditentukan dengan skor disiplin tim tertinggi terkait dengan jumlah kartu kuning dan merah yang diperoleh sepanjang fase grup. Berikutnya, tim dengan jumlah poin tertinggi akan diberi peringkat tertinggi. Jika masih ada tim yang sama poinnya, yang dilakukan berikutnya adalah pengundian oleh FIFA.

Baca Juga:  Juara Bertahan Proliga Bandung BJB Tandamata Unggul 3-1 dari Gresik Petrokimia

Peraturan tersebut akan menentukan nasib Jerman jika juara Piala Dunia empat kali ini menang vs Costa Rica, dan Jepang menang melawan Spanyol. Begitupula jika Jerman menang dan Spanyol vs Jepang berakhir seri.

Jika saja Jerman menang dan Spanyol juga menang, seperti penjelasan di atas, maka Spanyol dan Jerman – lah yang lolos. Spanyol sebagai juara grup, sedangkan Jerman sebagai runner up.

Namun, jika Jerman menang dan Jepang juga menang, maka seluruh tim akan memperoleh poin 4. Maka dari itu, penentuan peringkat satu, dua, dan tiga akan ditentukan melalui selisih gol. Saat ini Jerman memiliki selisih gol -1, Spanyol +7, sedangkan Jepang 0.

Jika seluruh tim masih memiliki selisih gol sama, maka akan ditentukan melalui jumlah gol yang diciptakan. Sejauh ini, Jerman sudah mencetak 2 gol, Spanyol 7 gol, sedangkan Jepang dua gol.

Dengan sekema demikian, dan semua tim memiliki jumlah gol yang diciptakan sama, maka akan ditentukan melalui skor disiplin tim tertinggi terkait dengan jumlah kartu kuning dan merah yang diperoleh sepanjang fase grup. Peraturannnya, kartu kuning minus 1 poin, kartu merah tidak langsung (akibat 2 kartu kuning) minus 3 poin, kartu merah langsung minus 4 poin, dan kartu kuning ditambah kartu merah langsung minus 5 poin.

Baca Juga:  Kalahkan Pasundan Bandung, Indomaret Volleyball Club Juara Livoli 2022┬áDivisi Utama Putra

Lalu bagaimana jika dengan skema tersebut semua tim masih memiliki poin yang sama?. Maka peringkat tim tersebut akan ditentukan dengan metode terakhir, yakni pengundian yang dilakukan oleh FIFA.

Lalu bagaimana jika Jerman menang dan Spanyol vs Jepang imbang?. Maka peraturan tersebut tidak berlaku bagi Spanyol yang otomatis menjadi juara grup dengan poin tertingi. Peraturan tersebut akan berlaku bagi Jerman dan Jepang untuk menentukan posisi runner-up. Untuk itu, untuk lolos dengan nyaman, Jerman wajib menang atas Costa Rica dengan skor besar.

Leave a Reply