Semua Camat Dapat Mobdin Rush, Ketua DPRD Bojonegoro Atensi Pelayanan Lebih Baik

BOJONEGORO, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bojonegoro memberikan Mobil Dinas (Mobdin) baru sebanyak 28 buah untuk 28 camat se Bojonegoro.

Hal tersebut menjadi buah bibir bagi warga Bojonegoro. Ditengah kesulitan ekonomi yang melanda Indonesia.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bojonegoro, Abdulloh Umar mengatakan bahwa mobil dinas camat yang lama yaitu berupa kijang hitam dianggap sudah tidak efisien maka hal tersebut perlu ada peremajaan yang lebih canggih dan lincah.

Pemkab Bojonegoro memberi hadiah Kepada 28 kecamatan Se Bojonegoro dengan Mobil Dinas seharga 275 jutaan dengan tipe Toyota Rush, lebih mewah dari pada mobil Dinas yang lama.

Ketua DPRD Bojonegoro Abdhulloh Umar menambahkan pembelian mobil dinas (Mobdin) memang melalui rentetan yang panjang.

Pembelian Mobdin itu perencanaan lama Anggaranya telah masuk di Induk APBD 2021. Awalnya sebesar 9,8 Miliar, namun dikaji lagi karena terbentur dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan Peraturan Presiden nomer 33. Maka pada tanggal 30 September 2022 dilakukan P-APBD maka dialokasikan sekitar 8,7 Miliar.

Baca Juga:  Bupati Bojonegoro Resmikan Graha Pergerakan PC IKA PMII

Peraturan Presiden nomer 33 dimana pembelian Mobil dinas tidak boleh melebihi 300 juta. Maka saat dihitung dengan pembelian harga dari harga 275 jutaan dikalikan 28 Kecamatan, maka ada estimasi Efisiensi anggaran sekitar 1,1 Miliar.

“Perencanaan sudah lama di induk sudah dianggarkan, di Induk Total anggaran 9,8 M, tidak terealisasikan karena PMK, Karena spesifikasinya tidak sesuai Perpes Nomer 33 maka di P-APBD di tanggal 30 September 2022, sebesar 8,7 miliar, maka ada efisiensi anggaran sekitar 1,1 Miliar,” ujarnya.

Saat disingung terkait Instruksi Presiden untuk pengunaan Mobil listrik sebagai kendaraan dinas, Ambdhulloh Umar mengatakan, bahwa perencanaan Pengadaan Mobdin Camat ini dan Instruksi Presiden lebih awal dari perencanaan pembelian Mobil Dinas tersebut.

Maka yang dilakukan oleh Kabupaten Bojonegoro sama seperti yang dilakukan Kabupaten lain (Ponorogo) dan kementerian Sekertaris Negara, harga dan jenis yang sama.

Baca Juga:  Tokoh Masyarakat Desa Wedi Bojonegoro Meradang, Gapoktan Diduga Tidak Transparan

“Mobil tersebut pengadaan nya sama yang di lakukan oleh Ponorogo jenisnya juga sama, Kementerian Sekertaris negara spesifikasinya dan harganya juga sama, harga sekitar 275 jutaan,” ungkap Abdulloh Umar.

Penelusuran awak media SUARABANGSA.co.id, Toyota Rush tersedia dalam pilihan mesin Bensin, soal spesifikasi mesin Toyota Rush, ini ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1496 cc.

Rush tersedia dengan transmisi Manual dan Otomatis tergantung variannya. Rush adalah SUV 7 seater dengan panjang 4435 mm, lebar 1695 mm, wheelbase 2685 mm. Jenis Varian tertinggi tersebut dengan mesin Petrol 1496 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 103 hp dan torsi puncak 136 Nm.

Rush 1.5 S AT GR Sport berkapasitas 7-penupang dibekali juga dengan transmisi 4-Speed Automatic. Sistem keamanannya dibekali Central Locking & Power Door Locks, ini secara on the road di bandrol 278 jutaan.

Baca Juga:  Setelah Panen Raya, Pasar Malam dari Rembang serbu Bojonegoro

Lanjut Lelaki yang juga sekertaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, untuk mobil yang lama tentunya menjadi aset Daerah nantinya dikemanakan Umar belum tahu.

Namun hadiah Mobdin baru tersebut Umar berharap kepada 28 Camat se Bojonegoro agar lebih semangat lagi dalam pelayanannya dan Mobdin baru ini agar menjadi motivasi lebih giat lagi dalam pelayanan Masyarakat ke depanya.

“Yang lama kita belum tahu, tapi posisinya tetap jadi aset pemkab, harapannya, Ya tentu agar menjadi motivasi dan makin cepat pelayanannya pada masyarakat, serta menambah semangat pelayanannya, lebih maksimal lagi dengan mobil baru,” pungkasnya.

Leave a Reply