Gelar Workshop Review Kurikulum Merdeka, Kepsek SMK Al Karimiyyah Pastikan Cetak Peserta Didik Go Internasional

SUMENEP, SUARABANGSA.co.id – Menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Karimiyyah Braji Gapura Sumenep menggelar acara Workshop Review Kurikulum serta penyusunan Modul ajar implementasi kurikulum merdeka tahun 2022 selama 2 hari, yang bertempat di ruang rapat SMK Al Karimiyyah, Senin (25/07/2022).

Acara diikuti seluruh guru dan pegawai SMK Al Karimiyyah Sumenep, dengan menghadirkan pereview dan pemateri yaitu Fendi Susanto, selaku Kepala SMK Al Karimiyyah, Muhammad Kamarudin, selaku Wakil Kepala Sekolah, serta Ansharul Fuqaha’ yang juga selaku salah satu staf bagian Kurikulum.

Selaku Kepala SMK Al Karimiyyah, Fendi Susanto turut menyampaikan beberapa hal penting, yang salah satunya antusias partisipasi para guru yang hadir dalam acara tersebut, sebagai salah satu unsur penting dalam sebuah lembaga pendidikan.

Lain dari itu pula, Fendi menjelaskan bahwa dari pihak lembaga juga tak kala menjadi sorotan dirinya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan juga kepada warga sekolah serta lingkungan masyarakat sekitar sekolah.

“Diantaranya, berupa pelayanan kepada peserta didik berupa peningkatan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran, proses dan penilaian pembelajaran, dan juga output peserta didik,” jelas Fendi Susanto pada saat memberikan sambutan.

Baca Juga:  Dua Orang Ini Mengaku Ditipu Q-Net, Kapolres Lumajang Minta Doa Masyarakat Indonesia

Lebih lanjut pihaknya juga menerangkan, bahwa peserta didik mudah memilih perguruan tinggi yang diinginkan, dan atau dapat menghidupi dirinya dengan wirausaha, atau bekerja. Untuk itu perlu disusun kurikulum yang dapat dipedomani.

Ia juga menyampaikan bahwa SMK Al Karimiyyah akan menjadi pilot project untuk Kurikulum Merdeka di Yayasan Kariman.

“Saya mohon bapak ibu semua berkenan mengikuti acara ini hingga selesai, tanyakan hal-hal yang belum jelas. Insyaallah para pemateri bersedia menjawab dengan sejelas-jelasnya,” terangnya.

Selanjutnya Fendi Susanto memberikan materi tentang kebijakan umum pendidikan, dan kerangka program kerja SMK Al Karimiyyah, di mana menurutnya bahwa inti dari pembahasan tersebut sebenarnya bertujuan untuk menghasilkan output yang berdaya saing di masyarakat.

“Jadi, nantinya output yang dihasilkan SMK Al-Karimiyyah tidak menutup kemungkinan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi ternama, sebagai pekerja profesional di bidangnya serta mumpuni dalam berwirausaha, bahkan go Internasional,” tandasnya.

Sementara itu, Muhammad Kamarudin turut memberikan materi pada acara Workshop Review Kurikulum tersebut, dirinya menjelaskan tentang Review Kurikulum Operasional SMK Al Karimiyyah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Lebih jauh, pihaknya memberikan penjelasan bahwa Kurikulum Merdeka sebenarnya menguntungkan, keuntungan yang pertama adalah kurikulum saat ini akan lebih sederhana dan mendalam, sebab kurikulum ini akan fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya.

Baca Juga:  Dua Wanita Cantik Ini Alami Kecelakaan, Satu Meninggal

Keuntungan kedua menurut Kamarudin, bahwa saat ini tenaga pendidik dan peserta didik akan lebih merdeka. Keuntungan ketiga, guru akan mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangan peserta didik, selanjutnya yang keempat, lembaga memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

“Serta keuntungan yang kelima atau yang terakhir, adalah lebih relevan dan interaktif karena pembelajaran melalui kegiatan projek akan memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu kekinian, untuk mendukung pengembangan karakter, dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Selain kurikulum, pada acara Workshop kali ini, Kepala SMK Al Karimiyyah juga membahas tentang Visi dan Misi SMK Al-Karimiyyah, yang menurutnya tujuan tersebut adalah tersusunnya visi misi sebagai acuan pedoman untuk standar keberhasilan sekolah.

Menurut Kepala SMK Al Karimiyyah, bukan hal gampang dalam menentukan visi misi sekolah, sebab menurutnya visi misi sekolah harus selaras dengan visi pendidikan nasional atau tidak bertentangan, yaitu meningkatkan ahlak mulia, pengetahuan, kepribadian, serta keterampilan untuk hidup mandiri, misi sekolah memberikan arah dalam mewujudkan visi sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, dan misi sekolah merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga:  Jembatan Gibuk Penghubung Desa Andulang dan Longos Ambruk

Dari hasil diskusi, terdapat beberapa masukan yang disampaikan untuk penyempurnaan visi dan misi SMK Al Karimiyyah diantaranya, Mengembangkan budaya industri dan pendidikan vokasi, Menciptakan lulusan tingkat menengah kejuruan yang profesional dan berdaya saing di bidang industri, mencetak SDM yang unggul, kompeten dan berbudaya industri, mengembangkan pendidikan vokasi, tenaga industri, dan berwirausaha.

Dari hasil diskusi, ditetapkan visi sekolah SMK Al karimiyyah Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu “MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG BERBUDAYA INDUSTRI DAN MENCETAK LULUSAN YANG KOMPETEN SESUAI KOSENTRASI KEAHLIANNYA.”

Sementara itu Ansharul Fuqaha’, M.Pd  Staf Bidang Kurikulum, mengajak warga lembaga SMK Al Karimiyyah khususnya para guru untuk lebih mendalami Kurikulum Merdeka, dan siap-siap untuk melaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 ini.

Temukan Kami: