Pemkab Probolinggo Akan Menggelar Festival Kemilau Batik Tahun 2022

PROBOLINGGO, SUARABANGSA.co.id – Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) akan melaksanakan kegiatan Festival Kemilau Batik Tahun 2022, Jumat-Minggu (15-17/07/2022).

Hal itu dalam rangka untuk mengangkat dan memasyarakat Batik khususnya di Kabupaten Probolinggo yang bekerja sama dengan Adikarya perajin Batik Bordir dan Aksesoris (APBBA).

Festival Kemilau Batik tahun 2022 yang akan digelar di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending ini akan menampilkan sebanyak 18 motif batik dibawah naungan APBBA Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini mengambil tema “Bangga Berbatik Kabupaten Probolinggo”.

Ketua APBBA Kabupaten Probolinggo Mahrus Ali mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat perbatikan di Kabupaten Probolinggo. Sebab selama pandemi Covid-19 tidak ada pameran dan seterusnya.

“Mumpung pandemi Covid-19 sudah melandai dan ada kebijakan boleh mengadakan sebuah kegiatan di luar gedung, kami berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata untuk menyelenggarakan Festival Kemilau Batik dan Pameran Batik selama tiga hari untuk mengangkat sekaligus mempromosikan batik-batik Kabupaten Probolinggo dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya.

Baca Juga:  Jadwal Pilkades Serentak di Sampang Belum Ada Kejelasan, DPMD: Tunggu Kajian Perbup

Menurut Mahrus, untuk hari pertama ada pembukaan dan spot khusus bagi Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko untuk memilih kain motif batik yang nantinya akan dijadikan seragam ASN Kabupaten Probolinggo.

“Yang jelas Bapak Plt Bupati akan memiih salah satu motif batik yang sudah disediakan oleh peserta. Nantinya semua pengrajin batik mengirim motif-motif batik Kabupaten Probolinggo. Kemudian akan dipilih salah satu. Yang terpilih dalam festival ini, hasil karya teman-teman akan dijadikan ikon seragam batik Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Untuk hari kedua jelas Mahrus akan diisi dengan lomba mewarnai motif batik dengan kategori RA dan kategori TK.

“Uniknya disini, desain yang akan diwarnai itu tercanting dan bukan foto copian. Jadi motifnya menggunakan canting malan sebagai motifnya. Ini semi membatik tapi menggunakan kertas,” terangnya.

Baca Juga:  Bupati Probolinggo Tinjau Pelaksanaan Uji Coba PTM

Mahrus menegaskan untuk hari ketiga akan dimeriahkan dengan lomba burung berkicau Piala Bupati Probolinggo dengan kategori khusus dengan peserta utusan dari kecamatan dan kategori umum.

“Festival kemilau batik ini akan berlangsung selama 3 hari dengan kegiatan pendukung berupa lomba mewarnai dan lomba burung berkicau. Dalam penutupannya nanti akan ada parade kain batik yang sudah menjadi juara atau terpilih,” tegasnya.

Selain memilih motif batik untuk seragam ASN Pemerintah Kabupaten Probolinggo terang Mahrus, dalam kesempatan ini juga akan dipilih motif batik untuk seragam PAUD, TK, SD dan SMP.

“Jadi akan ada segaram baru bagi siswa mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan yang berskala Kabupaten Probolinggo di destinasi wisata ini Mahrus mengharapkan banyak masyarakat yang berkunjung di obyek wisata Pantai Bentar sehingga bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Probolinggo. Serta ada edukasi batik kepada masyarakat.

Baca Juga:  Lima Atlit Asal Probolinggo Sumbang Medali Bagi Kontingen Jatim

Pasalnya panitia menyediakan spot untuk mencanting dan mewarnai bagi masyarakat yang ingin mencoba.

“Bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan mengenakan batik asli baik tulis atau cap dan bukan printingan akan ada potongan harga karcis sebesar 50 persen. Walaupun tidak memakai baju batik tapi tasnya bermotif batik juga ada potongan harga karcis sebesar 50 persen. Intinya ada nuansa batiknya. Silahkan tunjukkan kepada petugas di loket pembelian karcis,” pungkasnya.

Leave a Reply