Gunakan KMP DBS III, Pemkab Sumenep dan SKK Migas Jabanusa Sediakan Mudik Gratis Idul Adha Bagi Warga Kepulauan, Ini Jadwalnya!

KMP DBS III saat sandar di Pelabuhan Kalianget, kapal ini akan digunakan mudik gratis menjelang hari raya Idul Adha 1443 H untuk warga kepulauan Sumenep

SUMENEP, SUARABANGSA.co.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menyediakan mudik gratis menjelang hari raya idul adha tahun ini. Tujuannya, yakni dari pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean dan Pulau Sapeken.

Mudik gratis menjelang hari raya idul adha 1443 H ke kepulauan itu merupakan hasil kerjasama pemerintah daerah dengan SKK Migas Jabanusa. Kegiatan ini juga didukung oleh Kangean Energy Indonesia (KEI) dan HCML. Dua peruhasaan migas yang beroperasi di kepulauan.

Nantinya, mudik gratis bagi masyarakat yang hendak menuju Pulau Kangean dan Pulau Sapeken ini akan menggunakan Kapal Motor Penumpang Dharma Bahari Sumekar (KMP DBS) III. Kapal ini dioperatori BUMD Sumenep, PT Sumekar (Perseroda).

Baca Juga:  Harga Tembakau Jauh Dari Harapan Petani, MPR Geruduk Kantor Pemkab Sumenep

Humas PT Sumekar, Eko Wahyudi mengatakan, mudik gratis ini akan memaksimalkan penumpang yang akan merayakan idul adha di kampung halamannya. Kapal yang dioperatori perusahaan plat merah itu tidak akan mengangkut semua jenis kendaraan maupun sembako.

“Sesuai kesepakatan antara Pemkab Sumenep, SKK Migas Jabanusa, dan K3S, dalam mudik gratis ini tidak akan memuat barang, seperti kendaraan maupun sembako. Untuk barang yang kami bawa nanti hanya barang bawaan penumpang. Karena sesuai kesepakatan itu, mudik kali ini akan memaksimalkan dari sisi penumpang,” katanya, Kamis (7/7).

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin menikmati mudik gratis tahun ini, tinggal datang saja ke pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan kapal untuk mudik gratis. Tidak ada persyaratan khusus bagi masyarakat kepulauan yang akan menikmati mudik gratis demi menikmati hari raya idul adha di kampung halamannya.

Baca Juga:  Dapat Penghargaan APE, Bupati Sumenep: Ini Harus Terus Dipertahankan

“Kalau persyaratan mudik gratisnya tidak ada persyaratan khusus. Karena semu yang ikut pasti akan menuju kepulauan tujuan. Tapi mungkin nanti tinggal pendataan saja sesuai E-KTP untuk kebutuhan manivest kapal,” tambah Mantan Presiden Mahasiswa Universitas Wiraraja (Presma Unija) Madura tersebut.

Untuk jadwal mudik gratis itu sendiri, nantinya akan dimulai pada hari Jum’at, 8 Juli 2022. KMP DBS III dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Kalianget pukul 12.30 Wib, dan diperkirakan tiba di Pulau Kangean pukul 22.00 Wib.

Kemudian, hari Sabtu, 9 Juli 2022 pukul 01.00 Wib dini hari, KMP DBS III akan berangkat dari Pulau Kangean menuju Pulau Sapeken. Kapal ini diperkirakan tiba Pukul 05.00 Wib pagi.

Baca Juga:  Warga Lenteng Temukan Mayat Bayi Perempuan di Kuburan

Di hari yang sama, kapal tersebut akan bertolak dari Pulau Sapeken menuju Pulau Kangean pukul 07.00 Wib, dan diperkirakan tiba pukul 11.00 Wib siang. Terakhir, kapal itu akan kembali ke Pelabuhan Kalianget pukul 13.00 Wib, dan diperkirakan tiba pukul 22.00 Wib malam.

Leave a Reply