Tangkal Paham Radikal, Sat Binmas Polres Sampang Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMA Darus Sahid

SAMPANG, SUARABANGSA.co.id Untuk mengantisipasi bahaya dari faham radikalisme di lingkungan sekolah, Satuan pembinaan masyarakat (Sat Binmas) Polres Sampang, Madura, Jawa Timur, menyambangi SMA Darus Sahid di Jalan Merapi, Kecamatan Sampang, Senin (13/06/2022).

Kedatangan para pengayom masyarakat tersebut dalam rangka memberikan pencerahan kepada para pelajar agar dapat menangkal dan mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme demi menjaga keutuhan NKRI.

PS Kanit Bintibsos Satbinmas, Aipda Liwail Amri menjelaskan, bahwa cinta akan bangsa sendiri menjadi modal utama bagi para pelajar yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Karena saat ini banyak paham-paham radikal yang ingin merongrong keutuhan NKRI.

Baca Juga:  Dua Oknum Polisi di Surabaya Ditembak Kakinya

Kegiatan ini, kata dia, untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar, agar mengerti apa itu paham radikalisme dan anti Pancasila. Sehingga para siswa tersebut dapat mengantisipasi secara dini penyebaran isu radikal yang banyak disebarkan melalui media sosial.

“Untuk itulah kita memberikan pembekalan wawasan kepada para pelajar ini, sehingga mereka tidak mudah tergoda dengan adanya paham-paham radikal,” kata dia pada kontributor suarabangsa.co.id.

Sosialisasi tersebut, kata dia, adalah bagian dari upaya Polri guna menangkal tumbuh kembangnya bahaya paham radikal dan anti Pancasila di tengah masyarakat, terutama di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga:  JMSI Tapal Kuda Dorong Perusahaan Pers Selektif Rekrut Wartawan

“Usia remaja itu kan ingin pengetahuan tinggi kalau mereka dapat pemahaman yang salah mereka gampang terpengaruh dan itu bisa terjadi. Makanya kami lakukan antisipasi sejak dini,” lanjutnya.

Menurutnya, wawasan kebangsaan tersebut perlu ditanamkan sejak dini. Hal itu, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme agar mereka semakin cinta NKRI dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-harinya.

“Persatuan dan kesatuan ini sangat diperlukan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, aman dan juga tentram,” tandasnya.

Baca Juga:  Polda Jatim Gelar Anev Sitkamtibmas 2021

Diakhir kegiatan tersebut, Aipda Liwail Amri memberikan reward kepada para siswa dan siswi yang bisa mengucapkan isi dari sila-sila Pancasila dengan baik dan benar.

Temukan Kami: